POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kiprah IKN memanfaatkan ASN untuk bekerja langsung di IKN

Kiprah IKN memanfaatkan ASN untuk bekerja langsung di IKN

JAKARTA (Antara) – Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengumumkan program “Bekerja dari IKN” memberikan paparan dan pengalaman kerja langsung bagi para pekerja sipil (ASN) langsung dari IKN.

Tujuan program Work from IKN adalah untuk memperkenalkan ASN dengan pengalaman bekerja langsung dari perusahaan IKN, kata Juru Bicara OIKN Troy Pantouw kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Pantouw mencatat, proyek tersebut merupakan peluang bagi OIKN untuk mengintensifkan kerja sama dengan kementerian atau lembaga lain.

Sejauh ini respon ASN yang bekerja dari proyek IKN sangat positif karena kemajuan pembangunan IKN sudah terlihat secara langsung.

Selain itu, hasil kerja dari program IKN akan membantu mereka beradaptasi dan mempersiapkan relokasi di masa depan.

Karya yang digagas dari IKN ini adalah untuk memberikan gambaran kepada ASN yang menuju IKN dengan merasakan langsung suasana dan kemajuan pembangunan.

Dhoni Rahajo, Wakil Presiden OIKN, mengatakan dalam membangun sebuah kota, tidak hanya struktur fisik yang dibangun, tetapi juga ekosistem dan kebahagiaan warganya, khususnya ASN, sebagai orang yang baru pertama kali pindah ke IKN.

Kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan OIKN agar lebih banyak ASN dari berbagai kementerian dan organisasi yang bisa mendapatkan pengalaman bekerja di IKN dan melihat langsung perkembangan pembangunan.

Dalam kesempatan terpisah, beberapa ASN menyampaikan semangat dan kesiapannya untuk ditugaskan di IKN Kaltim. Seorang ASN bernama Anto tertarik untuk mengubah ASN menjadi IKN.

Ia yakin, kantor tempat ia bekerja di IKN akan berlokasi dekat dengan rumahnya, sehingga perjalanan menjadi lebih efisien dan efektif, serta mengurangi stres bagi ASN yang bepergian dari rumah ke kantor di kemudian hari.

READ  Akankah koalisi menggerakkan tuas untuk mendekarbonisasi Indonesia? - Departemen Pendidikan

Sementara itu, ASN lainnya bernama Wibi mengatakan, pada prinsipnya ASN adalah pegawai pemerintah dan harus siap ditempatkan dimana saja.

Ia gembira, fasilitas seperti air, transportasi, sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, jaringan komunikasi dan listrik, taman bermain, mall, pusat perbelanjaan dan fasilitas vital lainnya, akan mencukupi dan memadai di IKN.

Berita terkait: BUO IKN, INA siapkan format kerja sama penanaman modal asing
Berita terkait: Pemerintah melonggarkan aturan emas visa bagi investor asing di IKN
Berita terkait: IKN: Pembangunan Istana Negara rampung 54,7%.