POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ketua Babinas: 2022 Titik Balik Pemulihan Ekonomi Indonesia

Ketua Babinas: 2022 Titik Balik Pemulihan Ekonomi Indonesia

TEMPO.CODan Jakarta Tahun depan akan menjadi titik awal pemulihan ekonomi nasional Indonesia, karena akan menjadi tahun strategis bagi negara-negara di dunia untuk transisi dari pandemi COVID-19 ke pandemi endemik, kata Kepala Badan Perencanaan Nasional (Papinas) Suharso Munwarva. Kamis.

“Hal ini kami catat berdasarkan prakiraan yang dibuat oleh organisasi internasional seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF), mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi global setidaknya akan menuju ke arah yang positif, diikuti oleh pertumbuhan investasi langsung asing,” kata Babina. Kantornya pada 2 September.

Monwarva mengutip proyeksi Dana Moneter Internasional bahwa ekonomi Indonesia akan naik sebesar 5,9% pada tahun 2022 sementara Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan nasional sebesar 5%. Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dan Bank Pembangunan Asia juga memperkirakan pertumbuhan masing-masing sebesar 5,1% dan 5%.

Pertumbuhan ekonomi yang positif seiring dengan kesenjangan vaksinasi yang sempit antara negara maju dan negara berkembang saat ini mendorong aktivitas perdagangan global menjadi normal.

Ketua Babinas menekankan bahwa 2022 akan menjadi pintu gerbang Indonesia untuk mencapai tujuan 2045 menjadi negara berpenghasilan tinggi.

“Tanpa pertumbuhan ekonomi yang luar biasa, Filipina dan Vietnam akan menyalip Indonesia karena produktivitas kita masih rendah dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Ini menegaskan bahwa 2022 adalah tahun yang kritis untuk pemulihan ekonomi.”

Baca: Delta alternatif mengganggu upaya pemulihan ekonomi

Francesca Christie Rosanna

READ  BRI Kerahkan Kapal untuk Lakukan Vaksinasi di Kepulauan Maluku - Inforial