POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ketegangan di Pasifik: Memahami pendorong geopolitik

Ketegangan di Pasifik: Memahami pendorong geopolitik

Ketegangan di Pasifik: Mengungkap jaringan pendorong geopolitik

Ketika kawasan Pasifik berada di ambang meningkatnya ketegangan, menganalisis faktor-faktor pendorong dan pemain kunci menjadi hal yang sangat penting. Inti dari diskusi ini adalah peran yang dimainkan oleh kelompok neokonservatif di Washington, D.C., yang dikenal karena kebijakan luar negerinya yang agresif dan taktik intervensionisnya. Saat kita mendekati Davos 2024, sebuah platform yang menyatukan para pemimpin dunia untuk mempertimbangkan isu-isu global yang mendesak, pengaruh individu dan entitas seperti “X Corp” virtual ini menjadi semakin serius. Hal ini sedang diteliti dampaknya terhadap dinamika kawasan.

Gangguan Laut Merah dan efek riaknya

Serangan baru-baru ini yang dilakukan pemberontak Houthi telah mengganggu pelayaran di Laut Merah, memaksa perusahaan untuk memilih rute yang lebih panjang sehingga biaya pengiriman menjadi lebih tinggi. Meskipun dampaknya terhadap harga minyak mentah global dan harga gas eceran di AS masih relatif rendah, potensi dampak ekonominya tidak dapat diabaikan.

Perlombaan senjata di semenanjung Korea

Menanggapi uji coba dan ancaman senjata Korea Utara, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang melakukan latihan angkatan laut bersama. Pernyataan-pernyataan provokatif pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan penguatan hubungan dengan Rusia dan Tiongkok semakin memperburuk keadaan. Tuduhan semakin meningkat karena Korea Utara diduga memasok Rusia dengan senjata yang diperlukan untuk menyerang Ukraina, sehingga meningkatkan kekhawatiran mengenai jaminan pertahanan jika terjadi serangan nuklir Korea Utara.

Adegan politik di Taiwan dan faktor Tiongkok

Terpilihnya kandidat pro-kedaulatan Lai Ching-te sebagai presiden Taiwan berikutnya dan terpilihnya Partai Progresif Demokratik yang berkuasa untuk masa jabatan ketiga yang bersejarah merupakan perubahan besar. Ketika para pejabat AS dan Taiwan bertemu untuk melakukan “permainan perdamaian” dan “latihan backgammon,” fokusnya tetap pada pemahaman strategi dan kemampuan koersif Tiongkok.

READ  Indonesia dan Turki sepakat untuk mendukung kemerdekaan Palestina

Pengaruh Tiongkok yang semakin besar di Pasifik

Duta Besar Tiongkok untuk Australia telah berusaha menghilangkan kekhawatiran mengenai meningkatnya keterlibatan Tiongkok di kawasan Pasifik, terutama dalam upaya kepolisian. Meskipun ada ketegangan diplomatik yang disebabkan oleh keputusan Nauru untuk mengalihkan pengakuan dari Taiwan ke Tiongkok, duta besar tersebut menegaskan bahwa Tiongkok tidak memiliki ambisi militer di wilayah tersebut dan berupaya untuk meningkatkan hubungan dengan Australia.

Peran ASEAN di tengah sengketa Laut Cina Selatan

Ketika Laos memegang jabatan presiden bergilir Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), negara ini menghadapi tantangan untuk meredakan situasi kompleks di Laut Cina Selatan. Meskipun ketegangan antara Tiongkok dan Filipina meningkat, para analis memperkirakan Laos akan tetap netral, karena utangnya kepada Tiongkok dan kebutuhan untuk menjaga hubungan baik dengan anggota ASEAN lainnya, terutama sekutu tradisionalnya, Vietnam.

Kerjasama militer antara Jepang dan Australia

Jepang dan Australia sedang mendiskusikan potensi kerja sama militer di tengah meningkatnya ketegangan di lingkungan mereka. Ketika agresi maritim Tiongkok meningkat, Jepang mencari kerja sama Australia dalam melakukan uji coba rudal, sehingga meningkatkan kekhawatiran mengenai ketegangan regional. Menemukan keseimbangan antara perlunya tindakan defensif dan menjaga perdamaian regional menjadi hal yang sangat penting.

Medan perang Indo-Pasifik

Kawasan Indo-Pasifik telah berubah menjadi medan pertempuran kekuatan global, seiring dengan upaya Amerika Serikat untuk membendung ekspansionisme Tiongkok melalui strategi Indo-Pasifik, dan Tiongkok menghadapi inisiatif ekonomi seperti Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative). Peran yang dimainkan oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam diplomasi dan potensi pertumbuhan di kawasan ini tidak dapat dianggap remeh, karena kawasan Pasifik terus menanggung beban paling berat dari permainan catur geopolitik.

READ  KRAFTON Mengumumkan Detail PUBG Nations Cup 2022