POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kepala Papanas: Harga gula tidak akan naik jika importir bekerja dengan baik

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Badan Pangan Nasional (PAPANAS) Kopral Prasetyo Adi terang-terangan membeberkan alasan di balik keputusan tersebut. gula Harganya naik hingga lebih dari 16 ribu poundsterling per kilogram, menurutnya penyebabnya adalah penurunan penjualan impor gula oleh importir hingga kurang dari kuota izin impor yang dikeluarkan pemerintah.

“Tugas impor itu harusnya bisa dilaksanakan dengan baik oleh siapa pun pemegang izin impornya,” kata Arif saat ditemui di konferensi tersebut.”Kalau berjalan dengan baik, realisasi impor akan lebih dari 26 persen, dan hari ini kita bisa memiliki stok. dengan harga bagus.” Kompleks DPR, Rabu, 8 November.

Apalagi, Arif mengatakan, sebelumnya pemerintah telah menerbitkan izin impor kepada perusahaan, baik BUMN maupun swasta. Namun ternyata perusahaan-perusahaan tersebut tidak melaksanakannya tepat waktu.

“Sekarang harganya tinggi, dan masyarakat bertanya ke Badan Pangan. Tidak. Pertanyaannya kenapa tidak impor?” “Karena mereka sudah punya izin,” ujarnya.

Ditanya apakah ada sanksi bagi importir yang gagal mencapai impor gula, Arif mengatakan jika pemungutan impor gula tidak membaik, pemerintah akan mengevaluasi dan kemudian menghentikan pemberian izin impor kepada perusahaan terkait.

Berdasarkan data panel harga Badan Pangan, harga rata-rata gula pasir nasional hingga Kamis, 9 November adalah Rp 16.210 per kg. Angka ini lebih tinggi dibandingkan Harga Jual Patokan Tinggi (HAP) gula konsumsi yang diatur dalam Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 17 Tahun 2023 yang mematok Rp 12.500 per kg di tingkat produsen, dan Rp 14.500 per kg di tingkat produsen. tingkat produsen. Tingkat konsumen, Rp 15.500 per kg di wilayah Indonesia bagian timur dan daerah tertinggal, terluar, terpencil dan terdepan (3TP).

Johannes Maharso | Rayani Sanusi Putri | Devara Dhanya

READ  Petani sawit di Malaysia mencari robot dan drone untuk memerangi krisis ketenagakerjaan

Pilihan Editor: ID FOOD mengimpor 125 ribu ton gula dari Brazil

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News