POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kepala Negara menerima Presiden Timor Timur

Kepala Negara menerima Presiden Timor Timur

Abu Dhabi: Yang Mulia Syeikh Muhammad bin Zayed Al Nahyan, Presiden Negara, menerima hari ini, Jumat, Yang Mulia Jose Ramos-Horta, Presiden Republik Demokratik Timor Timur, yang sedang melakukan kunjungan kerja ke negara tersebut, di Istana Pantai di Abu Dhabi.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden menyambut Presiden Ramos-Horta dan menyampaikan harapannya agar kunjungan yang bertujuan untuk memajukan hubungan kedua negara berhasil.

Yang Mulia Syeikh Muhammad dan Presiden Ramos-Horta membahas kerja sama di berbagai sektor, terutama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, selain keberlanjutan dan aksi iklim.

Kedua belah pihak menyatakan minat mereka yang besar dalam mempercepat pengembangan hubungan bilateral dan mencapai pembangunan berkelanjutan serta kemakmuran bagi masyarakat mereka.

Pertemuan tersebut juga membahas pentingnya Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP28), yang akan diselenggarakan oleh UEA akhir tahun ini. Dalam hal ini, mereka menekankan pentingnya aksi iklim global dan mengidentifikasi solusi praktis untuk mengatasi perubahan iklim.

Kedua belah pihak bertukar pandangan mengenai banyak perkembangan regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama. Mereka menekankan pentingnya memajukan nilai-nilai toleransi, hidup berdampingan, kerja sama dan persaudaraan manusia, menekankan perlunya melakukan upaya internasional bersama untuk menjamin perdamaian, stabilitas dan pembangunan secara regional dan global untuk membuka jalan bagi masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang.

Sementara itu, Presiden Ramos-Horta menyampaikan apresiasinya kepada Yang Mulia atas sambutan hangat yang diterimanya dan delegasi pendampingnya. Dia menekankan minat negaranya untuk mengambil manfaat dari model pembangunan Uni Emirat Arab dan pengalaman perintisnya dalam diversifikasi ekonomi, seraya menunjuk pada banyak bidang kerja sama potensial antara kedua negara.

READ  Mengapa begitu banyak infeksi tanpa gejala dalam wabah terbaru COVID-19 di Cina?

Beliau juga memuji upaya UEA untuk mempromosikan perdamaian, toleransi dan hidup berdampingan, seraya mencatat bahwa Timor Timur mengadopsi Dokumen Persaudaraan Manusia sebagai piagam nasional pada tahun 2022, dan sekarang menjadi bagian dari kurikulum pendidikan di sekolah-sekolahnya.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden UEA, Wakil Perdana Menteri dan Kepala Kantor Kepresidenan. Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Abu Dhabi; Syekh Hamdan bin Zayed Al Nahyan merupakan wakil penguasa di wilayah Al Dhafra. Sheikh Theyab bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Kepala Kantor Pembangunan dan Urusan Keluarga Syuhada di Kantor Kepresidenan. Ahmed Ali Al-Sayegh, Menteri Negara; Delegasi yang mendampingi Presiden Timor Timur meliputi sejumlah menteri dan pejabat senior.