POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kementerian merilis perangko khusus untuk memperingati ASEAN Para Games

SURAKARTA, JAWA TENGAH (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis, merilis prangko khusus ASEAN Para Games (APG) untuk memperingati kompetisi multi-olahraga tersebut.

Sedikitnya 30.000 lembar prangko peringatan telah dicetak menjelang peluncuran resminya pada Jumat (5 Agustus 2022), kata Pj Dirjen Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Gunawan Hudakalung, Kamis.

Selain perangko peringatan, kementerian juga merilis serangkaian perangko Penjaga Surakartha Keratan (Istana) yang menyoroti budaya lokal kota, katanya.

Sedikitnya 450.000 lembar prangko seri Garda Keraton Surakarta telah dicetak oleh perusahaan percetakan uang milik negara Bheruri.

Jika ada permintaan tinggi untuk prangko yang baru diperkenalkan, yang dijual seharga Rp5 ribu (US $ 0,33) per lembar, komisi akan mempertimbangkan untuk mencetak lebih banyak prangko, katanya.

“Selain mengoleksi, juga niat baik kami untuk menghargai budaya lokal. Karena Surakarta adalah tuan rumah APG, kami telah membuat stempel peringatan APG. Selain itu, ini adalah kesempatan untuk mempromosikan Keraton Surakarta,” tambah Hudakalung.

Pada peluncuran resmi prangko tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Dia membenarkan bahwa Blade dan Gubernur Jawa Tengah Kanjar Pranovo akan hadir, dan Surakarta diharapkan untuk menandatangani stempel walikota dalam upacara tersebut.

“Besok juga akan ada atraksi budaya yang melibatkan Keraton dan tim APG. Pada prinsipnya kementerian berkomitmen untuk terus mendukung pariwisata, budaya dan event APG,” imbuhnya.

Sementara itu, Band Keraton Surakarta, Rombongan Pengibar Bendera Nasional dan APG, kendaraan hias dan penampil akan berpartisipasi dalam parade pelepasan prangko, kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta Rini Kusumandari.

Perangko peringatan APG Raksasa dan perangko seri Garda Surakartha Keratan juga akan ditampilkan selama pawai, tambahnya.

Berita Terkait: APG menunjukkan komitmen Presiden kepada atlet penyandang disabilitas: Amalie
Berita Terkait: ASEAN Para Games: Pemanah Indonesia capai target emas
Berita Terkait: Indonesia Boccia raih emas di ASEAN Para Games

READ  Keterampilan melek teknologi adalah anugerah ekonomi untuk masa depan Indonesia