POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kementerian menjalankan program untuk meningkatkan keterampilan digital perempuan

Kementerian menjalankan program untuk meningkatkan keterampilan digital perempuan

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan Program Inovasi Perempuan Tahun 2024 untuk mempersiapkan sumber daya manusia profesional perempuan yang mampu mengembangkan teknologi digital.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan di bidang teknologi agar mampu bersaing secara global, kata Direktur Jenderal Vokasi Kementerian Vokasi Kiki Iuliati dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Yayasan Daya Gracie Anak Bangsa (Markoding) menyelenggarakan Program Penemuan Perempuan. Pendaftaran program ini akan dimulai pada 27 Maret 2024 dan ditutup pada 17 Mei.

Iuliati mengatakan kelas coding dasar dan desain UI/UX akan ditawarkan dalam program ini mulai 21 Mei hingga 31 Mei, diikuti dengan kamp pelatihan digital mulai Juli hingga November.

Ia menjelaskan bahwa melalui skema ini, siswa perempuan kejuruan akan diberikan lebih banyak kesempatan untuk mengikuti pelatihan keterampilan digital yang relevan.

Melalui program tersebut, siswa SMK dapat mengembangkan keterampilan digital dasar dan lanjutan sehingga nantinya dapat terlibat aktif di bidang teknologi.

Menurut Uliati, Program Inovasi Perempuan dapat meningkatkan partisipasi siswa perempuan SMK khususnya di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).

“Kami merasa materi dalam kelas program sudah sesuai dengan kebutuhan siswa SMK dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan tren lapangan kerja di masa depan,” ujarnya.

Dijelaskannya, mengingat pesatnya perkembangan teknologi, pemerintah harus menyiapkan sumber daya manusia yang cakap di bidang teknologi untuk menghadapi percepatan perkembangan teknologi dan memenuhi lapangan kerja yang diciptakan oleh Revolusi Industri 4.0.

Oleh karena itu, kami sangat tertarik dengan kerjasama ini. Sangat strategis untuk mempersiapkan lulusan vokasi yang memiliki keterampilan tinggi di bidang teknologi melalui Program Inovasi Perempuan 2024 yang dibarengi dengan pemasaran, kata Uliati.

READ  Tindakan terselubung menyebabkan penduduk pulau Kalimantan kehilangan tanah mereka karena penambang kuarsa

Berita terkait: Pemerintah meluncurkan modul untuk mengajarkan keterampilan digital kepada UMKM milik perempuan
Berita terkait: Perempuan Indonesia Perlu Kembangkan Keterampilan Digital: Kominfo
Berita terkait: APEC mempromosikan keterampilan digital bagi perempuan di bidang pariwisata