POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kementerian Luar Negeri RI mengatakan pemungutan suara di luar negeri berjalan lancar

Tempo.co, JakartaKementerian Luar Negeri memastikan pemungutan suara pemilu 2024 berjalan lancar di TPS di luar negeri dan sejauh ini permasalahan yang timbul pada hari pemungutan suara telah ditangani dengan baik.

“Sejauh ini semuanya berjalan lancar. Meski ada permasalahan di sana-sini, namun duta besar kita dan PPLN (Penyelenggara Pemilu Luar Negeri) di masing-masing negara bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan baik,” kata Juru Bicara Kementerian Lalu Muhammad Iqbal melalui pesan singkat, Senin.

Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari pemungutan suara, KPU memperbolehkan penyelenggara pemilu asing membuka TPS lebih awal. Namun proses penghitungannya akan dilakukan di Indonesia pada hari yang sama, yakni 14-15 Februari.

Iqbal mengatakan, karena penyelenggara pemilu Indonesia di luar negeri tunduk pada hukum setempat di negaranya masing-masing, maka diperlukan dukungan dan bantuan perwakilan Indonesia.

Meski duta besar kami bukan penyelenggara pemilu, Menteri Redno Marsudi meminta seluruh duta besar untuk memantau dan memastikan keberhasilan pemilu di luar negeri (kepada pemilih Indonesia) sebagai bentuk tanggung jawab moral, tambah juru bicara itu.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hashim Asyari memastikan pelaksanaan pemilu di TPS di luar negeri berjalan lancar dan seluruh pemilih menggunakan hak pilihnya.

Alhamdulillah, meski ada kekhawatiran kami, laporan menunjukkan proses pemilu (TPS) di luar negeri berjalan lancar, terutama di Kuala Lumpur (Malaysia) dan Jeddah (Arab Saudi), kata Asyari. Pemilu melakukan pemantauan di TPS di Kuala Lumpur pada Minggu (11 Februari).

Dia mengatakan, KPU akan mengkaji seluruh temuan kesalahan prosedur di TPS luar negeri dan mengambil tindakan perbaikan jika diperlukan.

READ  Pemerintah berencana menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi arus mudik lebaran

Antara

Seleksi Guru: 7 Jenis Wisatawan Asing yang Dibebaskan Pajak Pariwisata Baru di Bali

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News