POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kementerian-BSSN berkolaborasi menjaga keamanan siber World Water Forum

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berkolaborasi menjaga keamanan siber pada penyelenggaraan World Water Forum ke-10.

Forum Air Dunia ke-10 akan diadakan di Bali pada tanggal 18-25 Mei.

“Untuk keamanan siber kami bekerja sama dengan BSSN, dan di Kementerian Kominfo kami memiliki PDSI atau Pusat Data Sarana Informatika,” kata Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, dalam keterangannya kepada ANTARA pada hari Sabtu. .

Ia menilai kolaborasi menjadi kunci dalam pengamanan data dan infrastruktur IT yang digunakan pada acara tersebut.

Ganzong mencatat, kerja sama BSSN dan PDSI dilakukan setiap kali Kementerian Kominfo terlibat dalam pelaksanaan event tingkat internasional seperti KTT G20 dan KTT ASEAN.

Dalam konteks perlindungan data pribadi, beliau menegaskan bahwa seluruh informasi termasuk data peserta dan jurnalis di website World Water Forum terlindungi dengan baik.

Kementerian tidak hanya mengelola situs utama Dewan Air Dunia tetapi juga membuat sub-domain khusus untuk data peserta dan jurnalis.

Data pribadi seperti nomor paspor yang diperlukan untuk mendaftarkan peserta dari luar negeri dilindungi melalui kerja sama yang erat antara PDSI dan BSSN.

Melalui upaya bersama, kementeriannya berkomitmen untuk memastikan Forum Air Dunia ke-10 berjalan lancar tanpa campur tangan pihak-pihak yang dapat mengancam keamanan data dan infrastruktur TI.

Forum Air Dunia ke-10 akan fokus pada empat tema: ketahanan air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam.

Dengan 244 sesi, Forum ini diharapkan dapat menghasilkan hasil nyata dalam pengarusutamaan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (IWRM) di pulau-pulau kecil, pembentukan Pusat Unggulan Ketahanan Air dan Iklim, serta penetapan Hari Danau Sedunia.

READ  Perjuangan peralihan kekuasaan yang adil, demokratis dan konstitusional di Indonesia - PSI

Berita terkait: Keamanan siber akan menciptakan peluang industri: Menteri
Berita terkait: BSSN membentuk CSIRT untuk meningkatkan lingkungan keamanan siber regional
Berita terkait: Kementerian memprioritaskan keamanan siber untuk mempercepat digitalisasi