POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kementerian berkomitmen untuk melaksanakan gerakan sekolah kesehatan kreatif

Kementerian berkomitmen untuk melaksanakan gerakan sekolah kesehatan kreatif

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mendorong sekolah mengembangkan proyek dan kegiatan yang efektif, kreatif, inovatif, menarik, dan menyenangkan untuk melaksanakan Gerakan Sekolah Sehat (GSS).

“Lembaga pendidikan dapat mengembangkan model penerapan GSS yang bermanfaat, kreatif, inovatif, menarik dan menyenangkan sehingga dapat mempengaruhi orang lain,” kata Pemenang Jihad Akbar, Selasa.

Ia menjelaskan, sekolah harus mengedepankan lima aspek kesehatan gizi, kesehatan jasmani, pencegahan, kesehatan mental, dan kesehatan lingkungan untuk mempertahankan budaya hidup bersih dan sehat.

Gerakan ini merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kementerian yang bertujuan untuk mentransformasikan pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik, yaitu melalui kesehatan sekolah.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan menyatakan bahwa program kesehatan diselenggarakan di sekolah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, pendidik, dan tenaga akademik untuk hidup sehat.

Sesuai amanat undang-undang, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menerbitkan surat edaran tentang GSS pada 19 Februari yang dikirimkan kepada kepala seluruh dinas pendidikan di provinsi, kabupaten, dan kota.

GSS merupakan upaya bersama dan berkelanjutan oleh pemerintah pusat dan daerah serta mitra lainnya untuk menciptakan generasi yang lebih baik di sekolah dan satuan pendidikan yang sehat, demikian isi surat edaran tersebut.

Advokasi terus mendorong gerakan, termasuk sekolah menengah yang dibantu.

Kepala sekolah atau perwakilan satuan pendidikan tambahan dari beberapa provinsi dilibatkan dalam kegiatan advokasi.

“Ada 173 SMA dari total 514 SMA kabupaten/kota yang kami advokasi untuk kegiatan GSS,” ujarnya.

Berita Terkait: Indonesia Akan Mempromosikan Program Sekolah Ramah Lingkungan di Forum Air Dunia ke-10
BERITA TERKAIT: Jokowi Kirim Mobil Listrik ke SMK di Sulawesi Barat

READ  Deforestasi untuk perkebunan kelapa sawit terus berlanjut di 'ibukota orangutan' Indonesia