POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Keluarga Hunt senilai $24,8 miliar baru saja memenangkan Super Bowl LVIII.  Inilah siapa mereka.

Keluarga Hunt senilai $24,8 miliar baru saja memenangkan Super Bowl LVIII. Inilah siapa mereka.


Kansas City Chiefs menjadi juara berulang pertama dalam 20 tahun, semakin memperkuat dinasti mereka.

oleh Justin Birnbaum


Pemilik Kansas City Chiefs, Clark Hunt, mendapati dirinya berada di wilayah yang familiar setelah Super Bowl LVIII, berdiri di panggung darurat di Allegiant Stadium di Las Vegas dan menerima Trofi Vince Lombardi. Timnya mengalahkan San Francisco 49ers dengan skor 25-22 untuk merebut gelar ketiganya dalam lima tahun. Namun, saat konfeti dan perayaan jatuh di sekelilingnya, pikirannya tertuju pada dua orang yang tidak hadir.

“Menonton pertandingan hari ini, saya tidak bisa tidak memikirkan orang tua saya dan betapa bangganya mereka terhadap tim sepak bola ini,” kata ketua dan CEO Chiefs yang berusia 58 tahun itu. “Dalam hati mereka, mereka adalah penggemar Chiefs terbesar di dunia, dan mereka ingin merayakan kejuaraan lainnya dengan penggemar terbaik di dunia, Chiefs Kingdom.”

Ayah Clark Hunt, Lamar, adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah sepak bola profesional. Itu adalah katalis di balik merger AFL-NFL dan menamakannya Super Bowl, terinspirasi oleh permainan anak-anak dan permainan bowling kampus. The Chiefs bermain di Super Bowl pertama kali pada tahun 1967, dan 17 tahun kemudian, NFL memberi penghormatan kepada Lamar dengan menamai Piala Kejuaraan AFC dengan namanya. Ibu Clark Hunt, Norma, selalu ada di sana, menghadiri setiap Super Bowl bersama suaminya, hingga suaminya meninggal pada tahun 2006. Dia melanjutkan tradisi itu sendiri sebelum kematiannya pada Juni lalu.

Laga akbar malam ini bisa dibilang mengungguli semuanya. Patrick Mahomes dari Kansas City memimpin kemenangan dari ketinggalan yang membuat Chiefs memenangkan pertandingan perpanjangan waktu kedua dalam sejarah Super Bowl. Quarterback bintang berusia 28 tahun ini memberikan umpan touchdown kepada penerima lebar Mecole Hardman Jr. untuk menyiapkan kontes di depan penonton yang bertabur bintang, termasuk Beyoncé, Jay-Z, LeBron James, Paul Rudd, Justin Bieber dan , tentu saja, Taylor Swift.

“Segala sesuatunya menjadi sempurna dengan Taylor Swift akhir-akhir ini,” kata Mark Janis, presiden perusahaan konsultan Sportscorp. Tapi Lamar Berburu, [late Buffalo Bills owner] Ralph Wilson, [late New York Jets owner] Leon Hess tahu bahwa untuk berkompetisi, Anda harus memenangkan hati lebih dari sekedar penggemar berat sepak bola. Anda harus menarik perhatian penonton. “Cara terbaik untuk mendapatkan perhatian publik, bahkan di tahun 1960an, adalah dengan selebriti, dan itulah yang mereka lakukan.”


Lapangan Hijau Emas

Bagaimana Pemilik Miliarder Menandingi Super Bowl LVIII.


Super Bowl LVIII adalah pertunjukan khas Chiefs, waralaba senilai $4,3 miliar yang merupakan bagian terbesar dari kerajaan olahraga Hunts senilai $5,8 miliar (termasuk utang). (Mereka juga memiliki saham di Chicago Bulls NBA dan FC Dallas dari Major League Soccer.) Meskipun sepak bola menambah kekayaan keluarga secara signifikan, namun tidak membuat mereka kaya. Keluarga Hunt memiliki kekayaan gabungan sebesar $24,8 miliar dan menempati peringkat ke-12 keluarga terkaya di Amerika.

Nasib baik dimulai dari kakek Clark Hunt, H.L. Hunt, seorang nelayan minyak Texas yang dikatakan sebagai inspirasi kehidupan nyata bagi J.R. Ewing dalam serial TV terkenal tersebut. Dallas. Dia mendapatkan emas hitam dalam ledakan minyak Texas Timur pada tahun 1930 setelah menggunakan kemenangan poker untuk membeli ladang minyak yang belum dikembangkan dan meninggalkan warisan yang mengesankan kepada 15 anaknya ketika dia meninggal pada tahun 1974.

Pada tahun 1982, 11 ahli waris Hunt masuk dalam daftar 400 orang Amerika terkaya versi Forbes untuk pertama kalinya. Putra Ray Lee Hunt, Nelson Bunker Hunt (meninggal 2014), dan William Herbert Hunt mengikuti jejak ayah mereka dalam bisnis minyak dan gas. Namun, dua yang terakhir jatuh Forbes Peringkat kekayaan pada tahun 1980-an setelah menumpuk tumpukan utang dan upaya gagal memonopoli pasar perak dunia. Yang lain memilih minat yang berbeda. Putri Carolyn Rose Hunt (meninggal 2018) mendirikan dan akhirnya menjual Rosewood Hotels & Resorts. Putra Lamar Hunt menemukan panggilannya dalam olahraga profesional.

Ketika popularitas NFL meningkat pada 1950-an, Lamar Hunt muda ingin membawa ekspansi waralaba ke Dallas. Ditolak oleh liga, ia menjadi lebih bertekad setelah menonton pertandingan Kejuaraan NFL 1958 yang legendaris antara Baltimore Colts dan New York Giants. Hunt melewatkan kesempatan untuk membeli 20% saham Chicago Cardinals dan melanjutkan dengan ide yang lebih berani: menciptakan pesaing NFL. Dia memimpikan delapan tim NFL, dengan masing-masing pemilik menyumbang $25.000 (sekitar $260.000 hari ini), dan bahkan menolak tawaran menit-menit terakhir dari NFL untuk berekspansi ke Dallas.

Dallas Texans dari Hunt dengan cepat naik ke puncak liga baru, memenangkan kejuaraan NFL pertama mereka pada tahun 1962. Setahun kemudian, dia memindahkan klub ke Kansas City. Namun hari-hari NFL sebagai liga independen hanya bertahan sebentar. Pada tahun 1966, American Football League (AFL) dan NFL menyetujui merger yang dibantu oleh Hunt. Diperlukan waktu empat tahun lagi untuk mengintegrasikan operasi sepenuhnya, tetapi hal itu tidak menghentikan liga-liga yang baru bermitra untuk mengadakan pertandingan kejuaraan bersama pertama mereka.

Super Bowl telah menjadi bagian abadi dari warisan Hunt, dan dia membuat namanya dikenal, terinspirasi oleh mainan Wham-O Super Ball — yang dibelikan Norma untuk anak-anak saat Natal pada tahun 1965 — dan ketertarikannya pada permainan bowling di kampus. . “Saya bercanda menyebutnya 'Super Bowl', yang jelas bisa ditingkatkan,” tulisnya kepada komisaris NFL Pete Rozelle saat itu. The Chiefs kalah dalam kejuaraan Super Bowl perdananya dari Green Bay Packers, dan tiga tahun kemudian, meraih kemenangan pertama mereka di level tertinggi sepak bola.

Meskipun Lamar Hunt meninggal dunia pada tahun 2006, ia masih membayangi sepakbola profesional. “NFL tidak akan pernah dimulai tanpa Lamar Hunt, dan merger, yang merupakan bahan bakar jet untuk menjadikan sepak bola sebagai olahraga unggulan Amerika, mungkin tidak akan pernah terjadi,” kata Janis. Hunt juga merupakan sponsor sepak bola yang bersemangat di Amerika, di mana ia menjadi pemilik pendiri Major League Soccer. Trofi Lamar Hunt AS Terbuka didedikasikan untuk menghormatinya pada tahun 1999.

Clark Hunt mengambil alih jabatan ayahnya pada tahun 2005, dan Chiefs menjadi kekuatan dominan dalam sepak bola. Sejak mempekerjakan pelatih Andy Reid pada tahun 2013, Kansas City memiliki 128 kemenangan musim reguler yang merupakan rekor tertinggi di liga. Kemenangan hari Minggu ini juga menandai pertama kalinya sebuah tim kembali menjadi juara Super Bowl sejak New England Patriots pada tahun 2005.

Bagi para Chiefs, masa depan cerah, bahkan setelah merebut kejuaraan keempat dari franchise tersebut — mereka memenangkan kejuaraan pertamanya pada musim 1969. Dan mereka merasa belum selesai. Setelah pertandingan, Travis Kelce ditanyai tentang tiga gambut. “Tujuannya selalu meraih treble,” ujarnya sambil memegang Lombardi Trophy. “Tapi kami tidak bisa sampai di sini tanpa memiliki keduanya dan mencapai tujuan tersebut sepanjang tahun. Kami akan memiliki peluang untuk melakukannya tiga kali berturut-turut.”

Lebih lanjut dari Forbes

Lebih lanjut dari ForbesTim paling berharga di NFL untuk tahun 2023: Dallas Cowboys tetap unggul dengan rekor $9 miliarLebih lanjut dari ForbesDi dalam mangkuk super pemasaranLebih lanjut dari ForbesPemilik tim olahraga terkaya di Amerika 2023Lebih lanjut dari ForbesBagaimana Las Vegas menjadi kota olahraga di Amerika Serikat?

READ  Tuchel: Lukaku memberi Chelsea dimensi baru setelah mengalahkan Arsenal | Gudang senjata