POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kedutaan besar dunia telah diundang untuk membantu mempromosikan pariwisata Bali

Kedutaan besar dunia telah diundang untuk membantu mempromosikan pariwisata Bali

Bagikan artikelnya

Pajak pariwisata baru di Bali sudah resmi berlaku.

Pajak pariwisata baru ini wajib bagi semua wisatawan internasional yang mengunjungi provinsi tersebut dan dapat dibayar secara online, secara langsung di bandara Bali atau di hotel dan resor terdaftar.

Gerbang di Bali Tengah.jpg

Seiring dengan dimulainya minggu pertama penerapan normal baru, kedutaan besar di seluruh dunia telah dihubungi untuk membantu mensosialisasikan dan mempromosikan jalur pariwisata baru ini kepada pengunjung utama pulau tersebut.

Sebuah surat telah dikirim kepada diplomat yang bekerja di kedutaan besar Indonesia untuk meminta dukungan tambahan Penyebaran informasi Mengenai pajak wisata Bali bagi calon pengunjung.

Surat yang ditandatangani Gubernur Bali telah dikirimkan kepada duta besar Indonesia di seluruh dunia, kata Kepala Dinas Pariwisata Bali Djok Pax Bemayun kepada wartawan.

Meskipun tidak ada sanksi atau denda yang jelas jika tidak membayar biaya wajib, para pemimpin di Bali ingin wisatawan jelas tentang apa yang diharapkan dari mereka ketika mereka mengunjungi pulau tersebut.

Hal ini termasuk mengetahui dan mengambil tindakan terhadap pajak turis baru yang berlaku, berdasarkan daftar hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Bali yang diterbitkan tahun lalu sebagai bagian dari upaya untuk menindak orang asing yang berperilaku buruk di pulau tersebut.

Wisatawan harus tahu bahwa membayar pajak wisatawan secara online itu mudah dan cepat sebelum datang ke Bali. Dengan begitu, mereka hanya perlu menunjukkan voucher pajak wisatawan tersebut kepada salah satu dari tujuh petugas yang stand by di bandara Bali.

Tujuh petugas yang bertugas telah dibekali pemindai kode QR dan akan memeriksa pembayar tol secara manual.

Pemayun mengatakan kepada wartawan, “Kami tidak ingin membangun baris tambahan, jadi kami menggunakan lebih banyak [practical] Memindai tahap awal melalui perangkat seluler terlebih dahulu.”

READ  Anggota parlemen Turki merencanakan debat dua arah tentang IPU ke-143 ...

Sistem baru ini diharapkan tidak menghambat kedatangan wisatawan. Menurut pejabat tinggi pariwisata, biaya tersebut dapat dibayar pada saat kedatangan dalam 23 detik.

Namun, pada jam sibuk, mungkin ada antrian lain untuk membayar pajak turis, selain membayar visa pada saat kedatangan dan menunggu petugas imigrasi mencap paspor.

Wisatawan-menggunakan-kartu debit-kredit-tanpa kontakWisatawan-menggunakan-kartu debit-kredit-tanpa kontak

Pajak pariwisata telah mengumpulkan dana yang dapat dibelanjakan pemerintah provinsi untuk melestarikan warisan budaya, melindungi bentang alam, dan meningkatkan pengalaman wisata.

Para pejabat telah merilis data yang menunjukkan bahwa wisatawan dengan senang hati membayar biaya tersebut bahkan selama masa percobaan dari 7 hingga 13 Februari, ketika pajak diberlakukan secara sukarela.

Saat ini sudah terkumpul lebih dari Rp 2,2 miliar.

Gerbang Surga di Nusa Penida-BaliGerbang Surga di Nusa Penida-Bali

Bali menargetkan menyambut 7 juta wisatawan internasional pada tahun 2024, sementara Indonesia menargetkan 11,4 juta pengunjung internasional secara keseluruhan.

Dengan banyaknya wisatawan yang mengalir melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan banyaknya tahapan dalam proses kedatangan, mudah untuk melihat mengapa pihak berwenang berinvestasi dalam menciptakan lebih banyak sistem digital untuk layanan pariwisata di bandara.

Gerbang otomatis baru kini telah dipasang di terminal kedatangan internasional dan akan segera ditambahkan ke ruang keberangkatan.

Meskipun semua loket imigrasi di bandara Bali masih beroperasi, gerbang otomatis baru memungkinkan wisatawan mendapatkan paspor mereka dengan cepat dan melalui imigrasi.

Autocats di Bandara Jakarta-BaliAutocats di Bandara Jakarta-Bali

Salah satu cara termudah untuk menghemat waktu bagi rombongan wisata ketika mereka tiba di Bali adalah dengan mengurus visa mereka sebelum mendarat di pulau tersebut.

Hanya ada satu situs resmi imigrasi Indonesia https://molina.imigrasi.go.id/ – Di situs ini wisatawan dapat mengajukan eVoA maksimal lima orang dalam satu grup.

Prosesnya sederhana: buka halaman beranda dan klik “Terapkan”, pilih jenis visa yang akan diajukan, isi rincian perjalanan dan informasi pribadi (semua hal yang mudah), dan lakukan pembayaran.

READ  Militer Indonesia mengakhiri tes keperawanan 'dua jari' yang kontroversial pada rekrutan perempuan

Setelah disetujui, visa akan dikirim ke pemohon melalui email.