POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kecil kemungkinan Anda menambah berat badan jika makan 3 porsi hidangan ini setiap hari: belajar

Kecil kemungkinan Anda menambah berat badan jika makan 3 porsi hidangan ini setiap hari: belajar

Kimchi mungkin menjadi rahasia lingkar pinggang yang lebih kecil.

Sebuah studi baru diajukan untuk ditinjau BMJ terbuka Dia menemukan bahwa hidangan tradisional Korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasi, seperti kubis atau lobak, dapat membantu mengurangi lemak di area perut – dan mungkin mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Pepaya dan lobak sama-sama kaya akan serat makanan, bakteri asam laktat yang meningkatkan mikrobioma, vitamin dan polifenol – dan mengonsumsi hingga tiga porsi kimchi sehari dapat mengurangi kemungkinan seseorang menjadi gemuk.

Kimchi dibuat dengan mengasinkan dan memfermentasi sayuran serta menambahkan bumbu seperti bawang putih, bawang bombay, dan kecap ikan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bakteri dalam kimchi memiliki efek anti-obesitas pada hewan, namun sangat sedikit penelitian yang meneliti hubungan antara konsumsi kimchi dan obesitas.

Studi tersebut menganalisis 115.726 peserta berusia 40 hingga 69 tahun yang terdaftar dalam Korea Health Examiners Study.

Peserta harus menjawab kuesioner yang menanyakan seberapa sering mereka makan berbagai jenis makanan setiap hari – dengan pilihan kurang dari satu porsi per hari, dua hingga dua porsi per hari, dua hingga tiga porsi, tiga hingga lima porsi, dan lebih dari lima porsi per hari. hari.


Kimchi dibuat dengan mengasinkan dan memfermentasi sayuran serta menambahkan bumbu seperti bawang putih, bawang bombay, dan kecap ikan. Gambar Getty

Setiap peserta juga diukur tinggi badan, berat badan, dan indeks massa tubuh (BMI) dan lingkar pinggang. BMI 18,5 dianggap kurus, 18,5 hingga 25 dianggap sebagai berat badan “normal”, dan di atas 25 dianggap obesitas.

Untuk penelitian ini, kimchi kotor didefinisikan sebagai kimchi kubis, kimchi lobak, dan kimchi encer. Satu porsi kimchi kubis atau lobak mengandung 50 gram, sedangkan satu porsi kimchi encer mengandung 95 gram.

READ  Teleskop Luar Angkasa Hubble akan memasuki mode aman untuk ketiga kalinya pada tahun 2021

Para peneliti dari Universitas ChungAng di Korea Selatan mendefinisikan obesitas perut sebagai lingkar pinggang minimal 35 inci untuk pria dan minimal 33 inci untuk wanita.

Hasilnya menemukan bahwa makan kimchi dalam jumlah sedang menunjukkan penurunan lemak pada orang yang kelebihan berat badan, namun terlalu banyak menyebabkan penambahan lemak.


Orang tak dikenal memakan kimchi sebagai hidangan pembuka saat makan siang
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bakteri dalam kimchi memiliki efek anti obesitas pada hewan. Gambar Getty/iStockPhoto

Setelah mempertimbangkan faktor eksternal, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi hingga tiga porsi total kimchi setiap hari menghasilkan penurunan penambahan berat badan sebesar 11%, dibandingkan dengan mengonsumsi kurang dari satu porsi.

Dibandingkan dengan kurang dari satu porsi harian, mereka menemukan bahwa tiga atau lebih porsi kimchi kubis untuk pria dikaitkan dengan prevalensi kelebihan berat badan 10% lebih rendah, serta prevalensi lemak perut 10% lebih rendah.

Bagi wanita, dua atau tiga porsi kubis kimchi setiap hari dikaitkan dengan penurunan prevalensi kelebihan berat badan sebesar 8%, dan satu atau dua porsi harian dikaitkan dengan penurunan prevalensi lemak perut tingkat tinggi sebesar 6%.

Namun, mereka yang makan banyak kimchi – lima porsi atau lebih per hari – memiliki berat badan lebih banyak, memiliki ukuran pinggang lebih besar dan lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan dibandingkan dengan peserta yang makan kurang dari satu porsi setiap hari.