POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kecenderungan Selandia Baru terhadap Asia Tenggara: Lebih dari Sekadar Retorika?

Kecenderungan Selandia Baru terhadap Asia Tenggara: Lebih dari Sekadar Retorika?

Pemerintahan baru Selandia Baru mempunyai rencana besar untuk meningkatkan keterlibatan dengan Asia Tenggara. Pertanyaannya adalah apakah retorika ini akan diimbangi dengan investasi aktual.

Enam bulan setelah pemerintahan koalisi kanan-tengah Selandia Baru, sebuah pendekatan baru terhadap Asia Tenggara mulai terbentuk.

Asia Tenggara selalu penting bagi Selandia Baru. Perdagangan dua arah dengan blok ASEAN berjumlah lebih dari NZ$15 miliar per tahun – menjadikannya mitra dagang terbesar keempat bagi negara tersebut. Selandia Baru memiliki hubungan pertahanan yang mendalam dengan Singapura dan Malaysia melalui Five Power Defense Arrangements (FPDA). Negara ini telah lama menjadi pendukung kuat regionalisme yang dipimpin oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Namun, jika terdapat kepentingan bipartisan yang sudah lama ada di kawasan ini, terdapat pergeseran fokus yang nyata sejak pemerintahan koalisi Christopher Luxon mengambil alih kekuasaan pada November 2023.

Pertama, adanya tekad untuk “meningkatkan” keterlibatan efektif dengan negara-negara regional. Perdana Menteri Luxon dan Menteri Luar Negeri Winston Peters keduanya Dia sangat kritis terhadap pemerintahan Partai Buruh sebelumnya Fokus pada introspeksi selama pandemi dan dampak langsungnya. Mereka menuduh para menteri Selandia Baru pada pemerintahan sebelumnya lamban dalam mengambil tindakan, dan bahwa negara tersebut relatif tertinggal.

Secara keseluruhan, aliansi ini telah menempatkan jalur udaranya sesuai dengan tujuannya. Peters, 79 tahun, jarang berhenti bepergian sejak ia memulai masa jabatan ketiganya sebagai Menteri Luar Negeri. Pada bulan Maret, ia mengunjungi Singapura dan india (dan India). Pada awal Juni, ia memulai perjalanan empat negara ke Vietnam, MalaysiaFilipina dan Timor Timur. Di sela-selanya, terdapat beberapa perjalanan ke Pasifik, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, kata Perdana Menteri Luxon Dia melakukan perjalanan ke Melbourne untuk bertemu dengan para pemimpin Asia Tenggara Di sela-sela KTT khusus antara Australia dan ASEAN. Pada bulan Maret, ia menjamu mitranya dari Vietnam, Pham Minh Chinh. Pada bulan April, ia melakukan perjalanan panjang pertamanya ke luar negeri dalam tur tiga negara yang mencakup Singapura, Thailand, dan Filipina. Menteri Perdagangan, Pertahanan, Pertahanan dan Perubahan Iklim juga mengunjungi wilayah tersebut. Perjalanan ke luar negeri ini disertai dengan langkah penting dalam hubungan dengan korps diplomatik ASEAN di Wellington.

READ  AS memperingatkan Kepulauan Solomon tentang pangkalan militer China karena anggota parlemen disalahkan atas perdagangan | Asia Pacific

Kedua, terdapat arah praktis baru yang jelas dalam pendekatan yang diadopsi oleh pemerintah. Mantan Menteri Luar Negeri Dia membela kebijakan luar negeri Hal ini didasarkan pada dokumen pendirian negara tersebut, Perjanjian Waitangi, yang menyatakan bahwa nilai-nilai Māori harus mendukung keterlibatan Selandia Baru dengan dunia. Ide-ide ini tentu saja menarik perhatian sebagian orang di Asia Tenggara, khususnya masyarakat sipil di Malaysia dan Indonesia ketika menteri berkunjung. Namun, pendekatan berbasis nilai juga menimbulkan kekhawatiran di beberapa negara. Indonesia menyatakan keprihatinannya mengenai dampak penekanan pada penentuan nasib sendiri terhadap integritas wilayahnya. Pihak lain berpendapat bahwa fokus pemerintahan Ardern pada “dialog dan deeskalasi” membuat frustrasi di kawasan yang semakin ditandai dengan pemaksaan dan persaingan yang ketat.

Koalisi tersebut dengan cepat menerima apa yang digambarkannya sebagai “realisme” yang jelas, yang secara blak-blakan digambarkan oleh Peters sebagai “pergeseran dari gagasan pendahulu kita yang lebih kabur mengenai kebijakan luar negeri dalam negeri yang tidak dipahami, apalagi dibagikan oleh siapa pun.” A Dokumen pengarahan Seruan yang disiapkan untuk pemerintahan baru pada akhir tahun lalu adalah sebuah “reset” kebijakan luar negeri. Di Asia Tenggara, mereka menyerukan untuk memprioritaskan enam hubungan utama – Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam – yang didukung oleh perhatian politik tingkat tinggi yang berkelanjutan. Ia mengatakan bahwa kehadiran di pertemuan-pertemuan ASEAN “perlu tetapi tidak lagi cukup… Kita perlu menyadari hal ini.” [Southeast Asian states] Lebih baik pada level individu.”

Ketiga, dan yang terkait dengan hal ini, pendekatan Selandia Baru yang secara tradisional berfokus pada perdagangan terhadap Asia Tenggara mulai diimbangi oleh kepentingan-kepentingan lain. Pentingnya perekonomian blok ASEAN bagi Selandia Baru tentu tidak akan berubah. Luxon punya Sihir khusus Dengan kisah sukses Singapura, negara ini ingin mencari cara untuk meniru dinamisme negara tersebut. Aliansi ini telah menyatakan tujuannya untuk menggandakan ekspor dan melihat peluang untuk mengembangkan hubungan perdagangan dan menarik investasi Asia Tenggara.

…Ada tekad untuk “mengintensifkan” hubungan dengan negara-negara di kawasan ini. Baik Perdana Menteri Luxon maupun Menteri Luar Negeri Winston Peters mengkritik keras apa yang mereka katakan sebagai fokus introspektif pemerintahan Partai Buruh sebelumnya selama pandemi ini dan dampak langsungnya.

Namun, hal yang mencolok dari semua kunjungan baru-baru ini adalah perhatian terhadap masalah keamanan.

READ  Arab Saudi memperbarui aturan dan prosedur absensi di sektor swasta

Selama kunjungan Luxon ke Filipina, kedua negara mengumumkan rencana untuk menyelesaikan Perjanjian Logistik Pertahanan Bersama dan Perjanjian Status Pasukan yang akan memudahkan kapal dan pesawat NZDF untuk melakukan rotasi melalui Filipina. Selandia Baru dan Singapura Mereka berjanji untuk “meningkatkan” kemitraan yang telah ditingkatkan saat iniHal ini memicu spekulasi bahwa mungkin ada rencana untuk itu Menghidupkan kembali ide tersebut Pangkalan pesawat militer Singapura di Selandia Baru. Berbicara pada Dialog Shangri-La pada bulan Juni, kata Menteri Pertahanan kata Judith Collins “Membangun hubungan individu dengan mitra-mitra utama di Asia Tenggara menjadi lebih penting dibandingkan sebelumnya.”

Dalam hal ini, peningkatan keterlibatan dengan Asia Tenggara dapat dilihat sebagai bagian dari fokus yang lebih luas di kawasan Indo-Pasifik. Luxon menyampaikan keinginannya untuk mencapai “peningkatan yang berarti” dalam hubungan bilateral dengan India, termasuk peningkatan hubungan pertahanan. Pada pertengahan Juni, dia mengunjungi Jepang, di mana masalah keamanan menjadi perhatian utama dan Luxon mengumumkan hal ini Untuk pertama kalinya, kapal Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru Dia akan bergabung dengan pesawat P-8 Angkatan Pertahanan Selandia Baru untuk menegakkan sanksi terhadap Korea Utara. Perbedaan lain dari pendekatan pemerintah sebelumnya, koalisi berbicara secara positif mengenai perjanjian kecil tersebut, dan menunjukkan hal tersebut “Alasan kuat bagi Selandia Baru untuk berpartisipasi dalam latihan.” Dengan Quad dan AUKUS.

Sejauh ini, peningkatan minat terhadap Asia Tenggara tampaknya diterima dengan baik, meskipun beberapa pihak di kawasan ini pasti mengambil pendekatan “tunggu dan lihat” untuk melihat apakah awal yang positif ini dapat dilanjutkan. Antusiasme Luxon terhadap kebijakan luar negeri yang lebih aktif disertai dengan serangkaian pemotongan sektor publik besar-besaran di dalam negeri. Ada dua portofolio: Pertahanan dan Luar Negeri Dia selamat dari hal terburukNamun mereka berharap dapat membangun jejak pemerintahan yang lebih luas di Asia Tenggara, seperti yang telah dilakukan Australia, dan mereka pasti akan kesulitan dengan anggaran yang lebih rendah. Demikian pula, terlepas dari banyaknya pembicaraan mengenai masalah keamanan, mitra pertahanan regional akan dengan hati-hati mempertimbangkan rencana kemampuan pertahanan Selandia Baru yang akan datang untuk melihat apakah retorika yang mengesankan ini dapat diterjemahkan ke dalam investasi nyata.

READ  Mengapa buku dapat membantu mengosongkan penjara Prancis

Tahun 2025 menandai peringatan 50 tahunkamu Peringatan hari jadi Selandia Baru menjadi mitra Dialog ASEAN. Ini mungkin akan menjadi tahun perayaan bagi hubungan ini. Namun seberapa besar dukungan dari kawasan ini akan sangat bergantung pada seberapa baik Wellington dapat meyakinkan mitra-mitranya bahwa eskalasi yang dijanjikan oleh pemerintah baru akan bersifat serius dan, mungkin yang lebih penting, berkelanjutan.

2024/183