POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Keberhasilan perekonomian Indonesia pada tahun 2023

Keberhasilan perekonomian Indonesia pada tahun 2023

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Indonesia telah menunjukkan ketahanan dan pertumbuhan ekonomi yang mengesankan pada tahun 2023.

Meskipun menghadapi tantangan global seperti kenaikan inflasi, ketegangan geopolitik, dan dampak negatifnya terhadap rantai pasokan, Indonesia telah mengatasi hambatan-hambatan tersebut dan menjadi mercusuar stabilitas ekonomi di kawasan.

Peristiwa geopolitik ini mempunyai dampak beragam terhadap perekonomian Indonesia; Perang di Ukraina dan perang dagang AS-Tiongkok tentu saja menciptakan tantangan bagi Indonesia, namun di sisi lain, kebangkitan regionalisme dan semakin pentingnya Indo-Pasifik telah menciptakan beberapa peluang besar dan Indonesia kini berada pada posisi yang tepat untuk menghadapinya. pertumbuhan di masa depan.

Keberhasilan Indonesia dapat disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor termasuk permintaan dalam negeri yang kuat, kebijakan makroekonomi yang hati-hati, dan peningkatan investasi asing. Mari kita lihat beberapa di antaranya.

Permintaan domestik mendorong pertumbuhan ekonomi

Perekonomian Indonesia terutama didorong oleh konsumsi domestik, yang menyumbang lebih dari 50 persen PDB. Pada tahun 2023, permintaan domestik tetap kuat, didorong oleh pertumbuhan kelas menengah, meningkatnya pendapatan yang dapat dibelanjakan, dan membaiknya sentimen konsumen. Konsumsi domestik yang kuat ini menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi, mengimbangi perlambatan ekspor yang disebabkan oleh ketidakpastian ekonomi dan politik global.

Kebijakan makroekonomi yang hati-hati akan mendorong stabilitas

Pemerintah Indonesia telah berhasil menerapkan kebijakan makroekonomi yang hati-hati yang membantu menjaga stabilitas ekonomi dan mendorong iklim investasi yang baik. Kebijakan-kebijakan tersebut antara lain menjaga stabilitas nilai tukar, menjaga inflasi tetap terkendali, dan menerapkan langkah-langkah untuk mendorong investasi dan pertumbuhan dalam negeri. Pemerintah berupaya secara proaktif untuk mengatasi gangguan rantai pasokan dan memastikan ketersediaan barang dan jasa penting.

Peningkatan investasi asing meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Berbagai reformasi telah dilaksanakan yang bertujuan untuk menyederhanakan prosedur investasi, mengurangi hambatan birokrasi dan meningkatkan transparansi; Hal ini memudahkan perusahaan asing untuk berbisnis di dalam negeri. Hal ini mengakibatkan peningkatan investasi asing langsung (FDI) sebesar lebih dari 16 persen pada Q3/2023, terutama di sektor manufaktur, infrastruktur, dan teknologi.

READ  Indonesia: 8 juta vaksin modern diterima, disukai tenaga kesehatan

Indonesia akan meluncurkan kereta api berkecepatan tinggi pertamanya pada tahun 2023, sebuah proyek senilai US$7,3 miliar yang didukung oleh Tiongkok di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalan. Menghubungkan Jakarta ke Bandung, telah melayani 549.000 penumpang sejak Oktober. Tempo. Ekonomi Bisnis Penerima FDI terbesar adalah industri logam dasar, diikuti oleh industri kimia dan farmasi serta pertambangan. Beberapa contoh FDI terbesar pada tahun 2023 termasuk investasi Google sebesar US$ 1 miliar pada pusat data dan layanan cloud. Investasi Foxconn sebesar US$ 3 miliar pada fasilitas manufaktur kendaraan listrik; dan investasi SoftBank sebesar US$ 2 miliar pada proyek energi terbarukan.

Laporan dari Antara News, Tempo, Vietnam PlusDan Berinvestasilah di Indonesia Antara lain, mencantumkan investasi dari Jepang hingga janji sebesar US$30 miliar untuk infrastruktur, manufaktur, dan teknologi selama lima tahun ke depan; Investasi UEA sebesar US$30 miliar pada proyek infrastruktur; Investasi Arab Saudi sebesar US$1,1 miliar pada kompleks kilang dan petrokimia; investasi Korea Selatan sebesar US$1,5 miliar pada pabrik petrokimia; Investasi Tiongkok sebesar US$2,5 miliar pada pabrik pengolahan nikel; Investasi Singapura sebesar US$4 miliar di berbagai sektor termasuk teknologi, keuangan dan real estat; Investasi sebesar US$1,6 miliar dalam mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Indonesia; Pinjaman sebesar US$500 juta dari Bank Pembangunan Asia untuk meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan produktivitas tenaga kerja; Investasi Exxon Mobil sebesar US$ 15 miliar untuk membangun fasilitas kilang petrokimia dan penyimpanan penangkapan karbon (CSS) yang lebih ramah lingkungan; Dan Bank Dunia telah menyetujui pinjaman sebesar US$2 miliar untuk mendukung pembangunan infrastruktur Indonesia.

Bank sentral Indonesia dan Singapura juga baru-baru ini meluncurkan konektivitas pembayaran QR lintas batas, sebuah langkah besar dalam integrasi keuangan antara kedua negara Asia Tenggara. Investing.com. Sistem baru ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi ritel lintas negara secara lancar dengan memindai kode QR melalui aplikasi seluler, khususnya QRIS di Indonesia dan NETS di Singapura.

READ  Lima hal yang belum Anda ketahui tentang kompensasi kecelakaan – DNABerita
Perjanjian dan Investasi Internasional Utama

Penandatanganan perjanjian perdagangan tidak diragukan lagi telah meningkatkan daya tarik Indonesia di mata investor asing dengan memberikan akses pasar yang lebih besar dan mengurangi hambatan perdagangan. Pada tahun 2023, Indonesia menandatangani beberapa perjanjian penting, termasuk Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea (IK-CEPA), dan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUAE-CE). Perjanjian-perjanjian ini diharapkan dapat meningkatkan arus perdagangan dan investasi Indonesia, meningkatkan akses pasar produk-produk Indonesia, dan menarik lebih banyak investasi asing.

MoU membuka jalan bagi kerja sama di masa depan

Indonesia telah menandatangani sejumlah Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai negara dan organisasi untuk meningkatkan kerja sama di berbagai sektor, meletakkan dasar bagi kerja sama dan kemitraan di masa depan yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi jangka panjang Indonesia melalui peningkatan arus perdagangan dan investasi. , transfer teknologi dan berbagi pengetahuan, pengurangan tarif dan penyederhanaan prosedur kepabeanan.

Contoh penting dari MoU yang ditandatangani oleh Indonesia pada tahun 2023 adalah MoU dengan UEA yang berfokus pada kerja sama di berbagai sektor, termasuk investasi, perdagangan, pariwisata, dan energi terbarukan; Nota kesepahaman dengan Jepang yang akan memperkuat kerja sama pembangunan infrastruktur, khususnya pembangunan kereta api kecepatan tinggi dan kota pintar; Nota kesepahaman dengan Korea Selatan berfokus pada kerja sama transfer teknologi, transformasi digital, dan pembentukan pusat inovasi bersama.

Kebijakan makroekonomi

Kebijakan makroekonomi Indonesia berperan penting dalam menjaga stabilitas perekonomian dan mendorong iklim investasi yang baik. Kebijakan tersebut mencakup kehati-hatian fiskal untuk menghindari penumpukan utang yang berlebihan, menjaga stabilitas harga, dan menjaga inflasi tetap terkendali. Fokusnya adalah ekonomi Inflasi turun ke level terendah dalam satu tahun sebesar 2,3 persen pada bulan September, menandai tingkat inflasi terendah di negara tersebut sejak Februari 2022.

READ  Berita Dunia | Keterlambatan dalam mempertimbangkan permohonan suaka bagi pengungsi Afghanistan di luar gedung UNHCR di Indonesia
Jadi, seperti apa masa depannya?

Tidak ada keraguan bahwa kinerja perekonomian Indonesia pada tahun 2023 sangat mengesankan, dan perkiraan untuk tahun 2024 juga menggembirakan, terutama karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia dengan sumber daya alam yang melimpah dan populasi muda yang dinamis dan terus bertambah.

Indonesia banyak berinvestasi di bidang infrastruktur, pendidikan, dan layanan kesehatan, yang semuanya meningkatkan daya saing perekonomian negara, sehingga menciptakan peluang baru bagi dunia usaha.

CEO Seven Stones Indonesia Terje H. Nilsen mengatakan, “Jika Anda ingin berinvestasi di Indonesia, terdapat banyak peluang, mulai dari manufaktur hingga pariwisata, terutama di Bali, yang sudah ada. Tujuan wisata paling populer di negara ini juga dipertimbangkan untuk mendukung infrastruktur yang luas jangkauannya. pengembangan seperti sistem LRT, yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2024. Hal ini juga akan mengurangi polusi dan kemacetan lalu lintas. Namun juga untuk berbagai investasi yang akan membuka banyak bagian pulau ini.”

Jika Anda memerlukan saran atau informasi lebih lanjut mengenai peluang investasi di Indonesia, silakan hubungi kami Tujuh Batu Indonesia Oleh [email protected]. Kami ingin berbagi wawasan dan prediksi kami dengan Anda.