POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kantor Berita Emirates – Kemitraan Emirat-India adalah mesin pertumbuhan ekonomi: Al-Marri

Kantor Berita Emirates – Kemitraan Emirat-India adalah mesin pertumbuhan ekonomi: Al-Marri

New Delhi, 25 Mei 2023 (WAM) – Abdullah bin Touq Al-Marri, Menteri Ekonomi, berpartisipasi dalam sesi bertajuk “Is Small Business the Future of Global Trade?” Sebagai bagian dari Konferensi Tahunan Konfederasi Industri India (CII) 2023 yang diadakan di New Delhi pada 24-25 Mei.

Sesi ini dihadiri oleh Sanjeev Bajaj, Presiden, Chartered Insurance Institute. Chandragit Banerjee, Direktur Jenderal, Chartered Insurance Institute; Dan sejumlah perusahaan Emirat dan India, investor dan pengusaha internasional.

Sesi ini membahas berbagai topik, termasuk kebijakan ekonomi terkini dalam perdagangan global dan pentingnya perjanjian regional dan perdagangan dalam meningkatkan masa depan perdagangan global. Selain itu, ia melihat lebih dekat pada metode yang diadopsi oleh Perjanjian Perdagangan Bebas untuk mengubah rantai nilai global, selain dari cara meningkatkan dan memfasilitasi akses pasar bagi importir dan eksportir.

Al-Marri berkata: “Kemitraan antara UEA dan India adalah mesin pertumbuhan ekonomi yang menciptakan peluang perdagangan dan investasi bagi lebih dari 3,8 miliar orang. Kemitraan ekonomi kami yang kuat berkontribusi pada vitalitas arus perdagangan dan investasi di dalam dan melalui Asia Selatan menuju pasar regional dan global.”

Dia menambahkan: Kedua negara bekerja untuk mempercepat upaya bergandengan tangan untuk mengembangkan ekonomi kita dan mengadopsi rencana, strategi, dan inisiatif yang mendukung visi ekspansi dan investasi kita di sektor ekonomi baru. Melalui acara ekonomi penting ini, kami berharap dapat meningkatkan perdagangan bilateral dengan India di bidang teknologi, pembayaran digital, inovasi, energi hijau, perawatan kesehatan, telekomunikasi, logistik, transportasi, pengelolaan limbah, dan teknologi luar angkasa.”

Perekonomian kedua negara termasuk ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia pada tahun 2022, karena ditandai dengan laju pertumbuhan ekonomi yang pesat. Ekonomi UEA tumbuh sebesar 7,6 persen tahun lalu, dan menurut perkiraan Bank Dunia, produk domestik bruto ekonomi India mencapai pertumbuhan tahunan sebesar 7,7 persen dalam sembilan bulan pertama tahun fiskal 2022-2023. Ini menunjukkan jumlah peluang ekonomi yang tersedia di pasar kami, yang mendorong sektor swasta Emirat dan India untuk memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan kemitraan ekonomi yang berkembang antara kedua negara.

READ  Menteri: Upaya hilirisasi akan membantu mendongkrak produksi rumput laut

Al-Marri menekankan bahwa UEA dan India menawarkan model kemitraan ekonomi yang unik dan komprehensif kepada dunia, berdasarkan kekuatan hubungan historis dan strategis antara kedua negara kita. “Kemajuan ini juga dapat dikaitkan dengan visi ke depan dari kedua kepemimpinan dan dukungan berkelanjutan mereka untuk meningkatkan prospek kerja sama ekonomi dan perdagangan di berbagai bidang prioritas.”

Dia menambahkan bahwa UEA sangat ingin mendukung visi pemerintah India untuk meningkatkan produk domestik bruto ekonomi India menjadi $5 triliun pada tahun 2025, serta rencana ekspansi di masa depan dalam sistem perdagangan multilateral.

Menko Perekonomian mengatakan, kesepakatan CEPA yang ditandatangani kedua negara pada Februari 2022 telah mencapai hasil yang positif. Ini telah memainkan peran penting dalam meningkatkan pertukaran perdagangan, memfasilitasi arus investasi, dan menciptakan lebih banyak peluang dan kemampuan bagi eksportir dan importir di kedua pasar tersebut. Perjanjian tersebut menawarkan manfaat seperti lingkungan terbuka dan non-diskriminatif untuk perdagangan lintas batas dengan India, dan penghapusan tarif lebih dari 80 persen barang Emirat dan India. Ini juga meningkatkan akses penyedia layanan ke pasar di 11 sektor utama dan lebih dari 100 subsektor termasuk perdagangan digital dan hak kekayaan intelektual, serta menciptakan lapangan kerja di banyak sektor dan kegiatan ekonomi.

Al-Marri menjelaskan, perdagangan luar negeri nonmigas kedua negara tumbuh sebesar 24,7 persen pada kuartal pertama 2023 dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Selain itu, ekspor nonmigas Emirati ke pasar India tumbuh sebesar 33 persen, sementara perdagangan berjumlah sekitar 180 miliar dirham (49 miliar dolar AS), meningkat 10% dibandingkan tahun 2021.

UEA memiliki visi ambisius untuk meningkatkan keterbukaan ekonomi kepada dunia dan membangun kemitraan perdagangan global dengan pasar strategis. Kami mendukung sistem perdagangan multilateral sebagai pendorong utama untuk mencapai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Pada September 2021, UEA meluncurkan Program Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif, di mana empat kemitraan telah ditandatangani sejauh ini, dengan India, Israel, india, dan Turki. Kami akan menandatangani lebih banyak kemitraan dengan pasar lain pada tahap selanjutnya, untuk mendukung tujuan visi “We Are the Emirates 2031”, yang bertujuan untuk meningkatkan produk domestik bruto kami menjadi 3 triliun dirham, dan meningkatkan ekspor non-migas ke 800 miliar dirham, dan asing Trading hingga 4 triliun dirham.

READ  Platform koheren untuk mendukung Indonesia mencapai potensi ekonomi digital - Inforial

Selain itu, Menteri Ekonomi mengindikasikan bahwa UEA yang akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Perdagangan Dunia ke-13 pada kuartal pertama tahun 2024 di Abu Dhabi akan meningkatkan kontribusi negara tersebut untuk merangsang perdagangan internasional, yang merupakan kunci untuk mencapai keberlanjutan jangka panjang. pertumbuhan. Hal ini juga menegaskan keyakinan negara terhadap pluralisme dan komitmennya untuk menciptakan peluang baru bagi para eksportir, produsen, dan investor.

Ia menjelaskan, perjanjian perdagangan regional dan bilateral berkontribusi untuk mempercepat pertumbuhan perdagangan global, memfasilitasi akses ke pasar, mengintegrasikan perusahaan ke dalam rantai nilai global, dan meningkatkan arus investasi.

Al-Marri meninjau banyak kebijakan dan tindakan ekonomi yang diadopsi oleh UEA untuk meningkatkan perdagangan, investasi, dan lingkungan bisnis, mempromosikan keterbukaan ekonomi kepada dunia, membangun kemitraan perdagangan internasional, mendukung daya saing lingkungan legislatif ekonomi, dan meningkatkan daya tarik UEA . terhadap investasi asing langsung. Dia juga meninjau hasil kuat yang dicapai ekonomi UEA pada tahun 2022, terutama pertumbuhan produk domestik bruto sebesar 7,6 persen, dan perdagangan luar negeri non-minyak melebihi 2,2 triliun dirham untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, dengan tingkat pertumbuhan 17. persen. Dia menambahkan bahwa UEA juga menarik 20,7 miliar dirham investasi asing langsung pada tahun 2021, dengan tingkat pertumbuhan 4 persen dibandingkan tahun 2020, dan akibatnya UEA menempati peringkat pertama di Asia Barat, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Konferensi tahunan CII 2023 diselenggarakan dengan tema “Prospek Masa Depan: Daya Saing, Teknologi, Keberlanjutan dan Internasionalisasi”. Ini telah menyatukan para pemimpin pemikiran global dan pakar industri India untuk mendorong dialog yang intens tentang perkembangan ekonomi makro, pertumbuhan dan reformasi, iklim investasi, masa depan berbagai bidang yang penting bagi ekonomi global dan India, teknologi dan inovasi digital, energi hijau dan rantai pasokan hijau, dan peluang global baru. Konferensi tersebut bertepatan dengan kepresidenan India pada Forum Internasional G20 tahun 2023 di New Delhi.

READ  Indonesia blokir Yahoo, PayPal, game karena pelanggaran lisensi - Reuters

CII adalah organisasi non-pemerintah dengan hampir 9.000 anggota dari sektor pemerintah dan swasta. Ini memiliki 62 kantor, termasuk 10 pusat keunggulan di India dan delapan kantor luar negeri di Australia, Mesir, Jerman, Indonesia, Singapura, Uni Emirat Arab, Inggris dan Amerika, selain kemitraan kelembagaan dengan 350 organisasi perwakilan Federasi di 133 negara.