POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kandidat Presiden dan Wakil Presiden 2024 Diumumkan – Indonesia Expat

Kandidat Presiden dan Wakil Presiden 2024 Diumumkan – Indonesia Expat

Pemilihan presiden Indonesia semakin dekat dan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden tahun 2024 telah diumumkan: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Partai Aliansi Alternatif Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi mendaftar ke KPU pada Kamis 19 Oktober 2023.

Mereka tiba pada pukul 09.30 WIB/waktu setempat, dan menyerahkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk diajukan oleh KPU sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Perwakilan partai koalisi pengusungnya menyerahkan dokumen identitas tersebut kepada Ketua KPU Hasim Azyar.

Usai persetujuan secara simbolis, Baswedan dan Kak Imin berfoto bersama Asy’ari sambil memegang dokumen pendaftaran dengan kartu bertuliskan “AMIN”.

“Kedepannya kita berharap ada pedomannya. Di bawah kepemimpinan ini, kami yakin pemilu presiden akan berlangsung adil dan kredibel di seluruh Indonesia. kata Basvedan.

Pada hari yang sama, calon presiden dan wakil presiden Kanjar Pranovo dan Mahfoud MD Mereka resmi mendaftar ke KPU pada pukul 13.10 WIB dan menyerahkan berbagai dokumen yang diperlukan untuk pencalonannya.

Pasangan ini secara simbolis menyerahkan dokumen tersebut kepada Asy’ari dan mereka menandatangani dokumen tersebut hingga syarat pencalonannya terpenuhi.

Sedangkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran RakabumingPada Minggu, 22 Oktober, Prabowo Subianto resmi diumumkan sebagai cawapres pada Pilpres 2024.

Nama Rakabuming diumumkan usai rapat pimpinan umum partai Aliansi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo di Kartanegera.

“Kami sudah melakukan pembahasan akhir secara musyawarah mufakat dan semua sepakat untuk mencalonkan Prabowo Subianto sebagai Ketua KIM 2024-2029 dan Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden KIM,” kata Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

READ  Kantor baru Boeing di Jakarta mencerminkan kuatnya kemitraan AS-Indonesia, kata duta besar

“Saya kira ini pengumuman yang kita harapkan. Sekaligus pengumuman itu akan kita umumkan ke masyarakat umum pada Rabu tanggal 25,” ujarnya.

Keputusan mencalonkan Rakabuming diambil dari hasil rapat nasional partai yang digelar pada Sabtu, 21 Oktober. Mereka menolak mengusulkan Erlanga Hartardo sebagai calon wakil presidennya.

Ragabuming langsung menerima keputusan Golkar dan menyatakan akan segera menindaklanjuti keputusan tersebut bersama Subianto.

Subianto mengaku sudah melakukan kontak dengan Jokowi terkait rencana pencalonan Rakabuming sebagai calon wakil presiden, yang menurut Presiden sepenuhnya untuk putranya.