POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jokowi hari ini mengumumkan bantuan kesehatan sebesar USD 1 juta untuk Palestina dan Sudan

TEMPO.CO, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi Pemerintah mengucurkan bantuan kemanusiaan senilai 1 juta dolar AS atau Rp30 miliar untuk Palestina dan Sudan. Jokowi melepas paket bantuan berupa obat-obatan dan fasilitas kesehatan dari Pangkalan TNI AU Halim Pertanakusuma, Jakarta Timur pada Rabu pagi, 3 April 2024.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen menjaga perdamaian dunia dan berpartisipasi aktif dalam pekerjaan kemanusiaan,” kata Jokowi.

Pendistribusian bantuan tersebut menyusul kunjungan tim Aju yang dipimpin Brigjen Pol (Purn) Ari Laxmana Widjaja ke Kairo, Mesir dan Pelabuhan Sudan yang dipimpin Brigjen Lukmansya.

Tim Aju sedang berkoordinasi dengan petugas Sudan dan Mesir dengan bantuan KBRI Khartoum dan KBRI Kairo untuk mempersiapkan delegasi Indonesia yang akan membawa bantuan kemanusiaan ke Sudan dan Palestina melalui pemerintah Mesir.

Delegasi ke Kairo akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, sedangkan delegasi ke Port Sudan akan dipimpin oleh Presiden PNPP Letjen Suhariando.

Bantuan dikirim atas permintaan Mesir dan Sudan. Permintaan pemerintah Mesir tersebut bertujuan untuk membantu pengelolaan kesehatan penduduk Palestina yang saat ini mengungsi di Mesir.

Badan Nasional Penanggulangan BencanaPNPP) dengan persetujuan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri dan Kementerian Luar Negeri, menyediakan Dana Siap Pakai (DSP) untuk memberikan bantuan tersebut.

Pada Maret 2024, korban pendudukan Israel Gaza Setidaknya 32.333 orang (12.900 anak-anak dan 8.400 perempuan), 74.694 luka-luka dan 8.100 hilang di wilayah tersebut. Setelah invasi darat Israel di Gaza utara dan tengah, warga Palestina di Gaza melarikan diri ke Rafah di Gaza selatan.

Saat ini, Mesir menampung lebih dari 1,5 juta pengungsi Palestina di kota Rafah, dan pemerintah Mesir mengirimkan daftar permintaan bantuan berupa barang-barang yang sangat dibutuhkan.

READ  Kementerian menargetkan 4,4 juta pekerja baru di sektor pariwisata pada 2024

Pemerintah Sudan mengharapkan bantuan serupa dari pemerintah Indonesia bagi masyarakat yang terkena dampak konflik sipil dan wabah kolera. Sudan melaporkan sedikitnya 2.525 kasus diare atau kolera cair akut yang ditularkan oleh masyarakat setempat yang memerlukan peralatan medis.

Daniel A. Fajar

Seleksi Guru: Iran bersumpah akan membalas dendam terhadap Israel setelah serangan kedutaan besar di Damaskus

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News