POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jokowi Bandingkan Calon Presiden dengan Pilot Maskapai

Tempo.co, Jakarta Presiden Joko “Jokowi” Widodo menekankan pentingnya memperhatikan karakteristik calon presiden dan wakil presiden selama kampanye pemilihan. Jokowi menyamakan situasinya dengan orang-orang yang mendengar dua pilot berbeda meminta pelanggan untuk naik ke pesawat.

“Pilot pertama yang dipilih akan mengatakan, ‘Saya akan terbang di ketinggian 30.000 kaki sesuai dengan undang-undang penerbangan internasional,'” kata Presiden pada peringatan HUT Partai Kolkar ke-58, Jumat. 21 Oktober 2022.

Jokowi memberikan contoh lain yang mungkin dikatakan pilot lain untuk mengesankan penumpang, “Semua penumpang akan duduk di kelas bisnis. Kalian masing-masing. Akan ada diskon untuk tiket pesawat.”

Dalam analoginya, ia menekankan pentingnya masyarakat membedakan antara logika dan janji yang tidak bisa dipenuhi.

“Business class upgrade dan diskon tiket pesawat tidak masuk akal. Sangat menarik, tapi tidak masuk akal,” kata Jokowi.

Presiden – yang akan menjabat dua periode sebagai kepala negara pada 2024 – tidak merinci siapa subjek di balik ‘analogi percontohan’ itu, hanya mengatakan bahwa dia ingin membaca cerita itu setelah membacanya di sebuah surat kabar nasional. Artikel.

“Mohon dimaklumi, karena bapak ibu presiden itu seperti pilot, penumpangnya banyak, seluruh rakyat Indonesia memilih pilot dan co-pilot dalam pemilihan presiden. Tidak mudah sekarang,” kata Jokowi.

Sejauh ini, beberapa orang telah menyatakan kesediaannya untuk mengikuti pemilihan presiden 2024. Di antaranya Anis Baswedan yang diusung Partai Nastem, Prabowo Subianto yang diusung partai yang dipimpinnya, Partai Gerindra, Erlanga Hartardo yang diusung Partai Kolkar, Muhaimin Iskandar yang diusung PKP. , dan Kanjar Branovo. Diusung oleh Partai Kolkar dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Terlepas dari berbagai pengumuman publik untuk pemilihan presiden 2024, tidak satu pun dari calon presiden yang disebutkan di atas telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengikuti pemilihan presiden 2024.

READ  Kementerian Kesehatan bersiap untuk kemungkinan lonjakan kasus COVID-19 setelah libur Idul Fitri

M Julnis firmansya

Klik di sini untuk mendapatkan berita terbaru Tempo di Google News