POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jokowi akan merombak kabinetnya pada pekan ini

Tempo.co, JakartaPresiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan rencananya akan menggelar a Perombakan kabinet Minggu ini. Posisi yang akan diubah adalah Menteri Pertanian.

Masih dalam persiapan, ujarnya saat ditemui di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 24 Oktober 2023.

Isu perombakan kabinet mencuat karena dua menteri di kabinet tersangkut kasus korupsi. Mereka adalah Menteri Pertanian Syahrul Yassin Limbo atas dugaan suap di kementerian dan korupsi, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Tito Ariotejo atas dugaan korupsi proyek tower Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Jokowi enggan membeberkan siapa yang akan mengisi jabatan Menteri Pertanian. Ditanya apakah pria itu calon Demokrat, dia menjawab sambil tersenyum.

Sebelumnya, kabar perombakan kabinet muncul setelah Ketua Dewan Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SPY mengunjungi Istana Bogor untuk bertemu Presiden Jokowi usai bergabung dengan koalisi Oneward Indonesia yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilu 2024. .

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dalam siaran persnya, Jumat, 13 Oktober, membantah pertemuan itu membahas jabatan menteri partainya.

Pada Minggu, 22 Oktober, Prabowo dan koalisi memutuskan menunjuk putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raqa, sebagai cawapres pada Pilpres 2024. Prabowo berencana mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 25 Oktober.

Daniel A. Fajar

Seleksi Guru: Jokowi undang Harry Tanosodipjo ke istana di tengah isu reshuffle kabinet

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Beragam masjid bisa jadi solusi politisasi: BRIN