POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jokowi akan langsung membentuk Komite Transisi Pemerintahan: KSP

Jokowi akan langsung membentuk Komite Transisi Pemerintahan: KSP

JAKARTA (Antara) – Tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden (KSP) Mokhtar Nakabalin mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan langsung membentuk dan memimpin tim transisi pemerintahan.

Ke depan akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi, kata Ngabalin saat ditemui di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin.

Ia mengisyaratkan akan dibentuk panitia transisi bagi pasangan Prabowo-Kibron terpilih dari pemerintahan Presiden Jokowi, meski ia tak merinci waktu pastinya.

Ia mengatakan, kekuasaan Dewan Transisi juga merupakan hak prerogratif Presiden.

Meski demikian, ia yakin proses transisi pemerintahan pada Oktober 2024 akan berjalan lancar dan cepat.

“Saya yakin ini akan lancar dan sangat cepat,” ujarnya.

Sejumlah pakar dan pengamat dari berbagai lembaga menilai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Kipran membutuhkan tim transisi yang memiliki fungsi jelas dalam menjalankan pemerintahan.

Panitia sementara ini tidak hanya bertugas menyelaraskan kebijakan Jokowi dengan pemerintahan berikutnya, tapi juga membentuk kabinet Prabowo-Kibran.

Pada kesempatan sebelumnya, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, saat berpidato di hadapan investor dan bankir di Jakarta, awal Maret lalu, menyatakan keyakinannya bahwa pergantian pemerintahan pada Oktober 2024 akan berjalan lancar karena ia merupakan bagian dari tim Presiden Jokowi. Kabinet Indonesia sebagai Menteri Pertahanan.

“Insya Allah saya akan mulai menjabat pada 20 Oktober dan saya kira peralihan dari pemerintahan saat ini ke pemerintahan baru akan berjalan lancar. Di antara ketiga pasangan calon presiden, tim saya terang-terangan mengakui bahwa kami adalah bagian dari tim Presiden Jokowi. Kami tidak malu-malu mengakuinya,” ujarnya pada acara Menteri Penanaman Modal 2024 yang disampaikannya dalam sambutannya di forum tersebut.

Berita terkait: Pemerintah akan mengakhiri program stimulus investasi untuk mendanai modal baru
Berita terkait: Masyarakat ingin para pemimpin negara patuh setelah pemilu: Prabowo
Berita terkait: Prabowo dinyatakan sebagai presiden terpilih oleh KPU

READ  Indonesia menawarkan insentif investasi untuk sektor 'prioritas'