POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jeremy Paxman membungkuk sebagai pembawa acara University Challenge |  Jeremy Paxman

Jeremy Paxman membungkuk sebagai pembawa acara University Challenge | Jeremy Paxman

Masa jabatan Jeremy Paxman sebagai penayangan terlama saat ini di televisi Inggris akan berakhir pada Senin malam ketika dia menyajikan edisi terbaru The University Challenge.

Mantan presenter Newsnight berusia 73 tahun itu telah mengundurkan diri dari acara tersebut setelah mengungkapkan bahwa dia menderita penyakit Parkinson.

Pertunjukan Senin, final musim ini antara Universitas Durham dan Bristol, akan menjadi penampilan ke-967 dan terakhir Paxman di acara itu.

Itu juga akan mengakhiri karir 51 tahun Paxman di BBC. Paxman, yang mendapatkan reputasi agresif karena menantang politisi di Newsnight, mulai menyajikan kuis tersebut pada tahun 1994 ketika dihidupkan kembali oleh BBC.

Dia membawa beberapa silabus Newsnight-nya untuk diuji, tetapi dengan para siswa alih-alih para menteri yang terlihat lemas dan tidak setuju.

Ketidaksenangannya yang kadang-kadang pada jawaban yang salah kontras dengan simpati baik dari satu-satunya pembawa acara lainnya, mendiang Bamber Gascoigne, yang meluncurkan program tersebut di ITV pada tahun 1962.

Jeremy Paxman menjadi pembawa acara Newsnight dari tahun 1989 hingga 2014. Foto: Eamonn McCabe/The Guardian

Direktur tes baru akan menjadi mantan editor surat kabar dan pembawa acara Today saat ini Amol Rajan.

Seperti Ragan dan Gascoigne, Paxman dididik di Universitas Cambridge, dalam kasusnya Perguruan Tinggi St Catharine.

Dan BBC telah menolak seruan untuk mengubah aturan masuk program tersebut, yang menurut para kritikus bersifat elitis karena mendukung perguruan tinggi Oxbridge. Selain presenter baru, seri selanjutnya akan memiliki rangkaian set dan judul baru. Tetapi perguruan tinggi Oxford dan Cambridge akan terus diizinkan untuk mengikuti kompetisi secara terpisah, sementara universitas lain masih akan dibatasi masing-masing satu entri. Nada tema akan tetap sama.

READ  Dune streaming di Netflix dan Max karena perang streaming telah berakhir

Paxman memulai karirnya pada tahun 1972 di Program Pelatihan Pascasarjana BBC, bekerja di radio lokal dan menulis tentang Masalah di Belfast.

Lewati mempromosikan buletin sebelumnya

Tak lama setelah pindah ke London pada tahun 1977, dia pindah dari acara investigasi malam ini Panorama, sebelum menampilkan Six O’Clock News dan BBC One’s Breakfast Time.

Dia menjadi presenter utama Newsnight pada tahun 1989, posisi yang dia pegang hingga Juni 2014. Dia terkenal karena wawancara pada tahun 1997 di mana dia bertanya kepada sekretaris rumah saat itu, Michael Howard, setidaknya 12 kali jika dia memveto direktur pelayanan penjara.

Pada Mei 2021, Paxman mengumumkan bahwa dia sedang dirawat Penyakit Parkinson tetapi mengatakan gejalanya “saat ini ringan”. Dia ikut menyajikan podcast tentang penyakit yang disebut Movers and Shakers dengan sesama penderita termasuk mantan rekan berita BBC Rory Cellan-Jones dan Mark Mardell.