POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jepang dan Indonesia perkuat kerja sama ekonomi pada pertemuan OECD

Jepang dan Indonesia perkuat kerja sama ekonomi pada pertemuan OECD

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Republik Indonesia

jumpa pers
HM.4.6/296/SET.M.EKON.3/05/2024

Jepang dan Indonesia perkuat kerja sama ekonomi pada pertemuan OECD

Paris, 2 Mei 2024

Untuk menunjukkan persahabatan ekonomi yang penting, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa mengadakan pertemuan bilateral penting pada Pertemuan Dewan Menteri OECD (MCM) 2024 di Paris pada tanggal 2 Mei 2024.

Menteri Kamikawa memulai pertemuan dengan menyambut baik diadopsinya peta jalan aksesi OECD Indonesia, dan menegaskan komitmen Jepang untuk memperkuat kerja sama antara OECD dan negara-negara Asia Tenggara, dengan Indonesia sebagai fokus utama. Menteri Kamikawa menyatakan keyakinannya terhadap kemampuan Menteri Hartarto sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dengan dukungan politik yang luas, untuk memfasilitasi visi tersebut.

Menggali isu-isu strategis yang relevan dengan tema MCM 2024, kedua Menteri menegaskan kembali komitmennya untuk memanfaatkan kehebatan OECD sebagai pusat kerja sama global dalam merumuskan kebijakan yang kuat dan terkoordinasi dengan baik. Penekanan diberikan pada perlunya kerja sama ekonomi yang lebih erat antara Indonesia dan Jepang, dengan penekanan pada pekerjaan, ketenagakerjaan, keterampilan dan pendidikan dalam menghadapi tantangan global.

Untuk membuka jalan bagi kemakmuran bersama dan kemajuan bersama dalam lanskap dinamis perekonomian global, kedua menteri sepakat untuk mempercepat jadwal penandatanganan protokol amandemen Perjanjian Kemitraan Ekonomi Indonesia-Jepang (IJEPA), setelah diskusi antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri. Fumio Kishida akhir tahun lalu.

Menteri Airlangga menyampaikan apresiasi atas dukungan dan semangat Jepang yang teguh dalam memajukan proses aksesi Indonesia. Lebih lanjut, Menteri Airlangga meminta dukungan Jepang dalam kerangka Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP) untuk meningkatkan akses pasar.

READ  Sebuah studi oleh platform perdagangan sosial Indonesia, Evermos, menunjukkan bahwa UKM penting bagi perekonomian masa depan Indonesia

Pertemuan ini tidak hanya meletakkan dasar bagi kerja sama ekonomi yang lebih mendalam, namun juga menandai babak baru dalam kemitraan jangka panjang antara Indonesia dan Jepang. Dengan MCM 2024, Indonesia dan Jepang bersatu dalam tekad mereka untuk memimpin diskusi global yang obyektif, kredibel, dan berkelanjutan, serta memajukan pertumbuhan inklusif dan masa depan yang lebih baik bagi semua. (dep7/peta/fsr/hls)

***

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia
Sosiwejono Mujiyarso

Website: http://www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, Threads, dan YouTube: @PerekonomianRI
Email: [email protected]
LinkedIn: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia