POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jangan lewatkan “Planetary Parade” – saksikan enam planet berbaris dalam pertunjukan yang langka

Jangan lewatkan “Planetary Parade” – saksikan enam planet berbaris dalam pertunjukan yang langka

Pengamat bintang dapat melihat kesejajaran enam planet yang langka pada tanggal 3 Juni, paling baik dilihat sebelum matahari terbit dari lokasi yang tinggi dan gelap. (Ilustrasi enam planet di langit). Sumber: SciTechDaily.com

Pada tanggal 3 Juni, enam planet sejajar: Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, UranusDan Neptunus– Ini akan terlihat sesaat sebelum matahari terbit dari tempat tinggi dan gelap dengan polusi cahaya minimal. Peristiwa langka ini memerlukan alat bantu visual untuk melihat seluruh planet.

Para pengamat bintang akan memiliki kesempatan luar biasa untuk melihat enam planet di tata surya bumi pada tanggal 3 Juni. Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus akan muncul dari beberapa titik gelap di Bumi yang tidak terpengaruh cuaca, membentuk planet yang lebih terang. — atau kurang lebih berupa garis lurus di langit malam — tetapi diperlukan bantuan visual untuk melihat semuanya.

Para astronom dengan cepat menyatakan bahwa keselarasan tersebut hanyalah sebuah ilusi, mengingat jalur elips yang sangat bervariasi dari setiap orbit planet mengelilingi Matahari. Namun pengaturan yang tidak biasa ini sebenarnya bisa menarik, jika cuaca setempat tidak mengganggu.

Waktu dan lokasi menonton terbaik

Keselarasan planet kemungkinan besar akan terlihat paling jelas 30-60 menit sebelum matahari terbit, ketika melihat ke timur dari tempat yang tinggi dan gelap, dengan polusi cahaya minimal dan pandangan penuh ke cakrawala tanpa halangan.

“Jika Anda berada di suatu tempat di luar angkasa selain Bumi, planet-planet ini tidak akan tampak sejajar sama sekali,” kata Dr. Alphonse Sterling, ahli astrofisika di Universitas Harvard. NASAPusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall di Huntsville, Alabama. “Bukan hal yang aneh melihat dua atau tiga orang berbaris, tetapi enam di antaranya berbaris seperti ini bukanlah hal yang aneh.”

Jaringan Langit Malam NASA

Para astronom dan pengamat bintang di seluruh dunia harus bersiap sebelum fajar pada tanggal 3 Juni untuk menyaksikan “parade planet”, sebuah keselarasan enam dunia tetangga kita: Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus – meskipun dua planet terakhir akan melakukannya. Dibutuhkan teropong berkekuatan tinggi atau teleskop untuk mengamatinya. Kredit: NASA/Jaringan Langit Malam

Lihat tip untuk penyelarasan planet

Mars dan Saturnus dapat diidentifikasi dengan mata telanjang, sedangkan Merkurius dan Jupiter dapat dilihat di dekat cakrawala. Namun, menambahkan Neptunus dan Uranus ke dalam barisan akan memerlukan penggunaan teleskop atau teropong berkekuatan tinggi.

READ  Saksikan peluncuran roket Falcon Heavy SpaceX yang kuat di Mission 6 pada 27 April

“Anda dapat melihatnya di mana saja yang tidak banyak polusi cahayanya,” kata Sterling. “Anda hanya perlu pandangan yang jelas ke arah timur. Jupiter dan Merkurius akan menjadi yang terakhir bergabung, naik tepat di atas cakrawala. Anda tidak akan melihat enam titik terang berbaris. Dalam kondisi terbaik Anda dapat melihat Jupiter, Merkurius, Mars dan Saturnus. Anda memerlukan teropong atau teleskop untuk yang lain.”

Peluang masa depan dan aliansi langka

Keenam keselarasan planet jarang terjadi, bergantung pada orbit dan posisi masing-masing planet jika dilihat dari Bumi. Faktanya, kita mungkin akan melihat kinerja lain di akhir tahun ini. Perkiraan keselarasan enam planet yang sama dapat dilihat pada dini hari pada tanggal 28 Agustus dan lagi pada tanggal 18 Januari 2025.

Hal ini tentunya lebih umum terjadi dibandingkan kesejajaran planet sempurna, di mana delapan planet di tata surya kita tampak terletak dalam konfigurasi kasar pada sisi matahari yang sama. Dengan mempertimbangkan semua faktor yang terlibat, termasuk tingkat orbit, kecepatan, dan jarak masing-masing planet, perkiraan menunjukkan bahwa diperlukan waktu lebih dari 300 miliar tahun agar hal ini terjadi hanya sekali.

Ini lebih lama dari perkiraan masa hidup bintang induk kita, jadi jangan menunggu lagi.

Sorotan peristiwa terkini dalam pengamatan langit

Penyelarasan planet merupakan peristiwa pengamatan langit terkini dalam beberapa waktu terakhir. Para pecinta ruang angkasa menikmati gerhana matahari total pada tanggal 8 April, dan penampakan cahaya utara yang jarang terjadi pada bulan Mei di sebagian benua Amerika Serikat – akibat dari badai geomagnetik yang luar biasa besarnya.