POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jakarta mencatat jumlah kasus harian Pemerintah-19 tertinggi secara nasional

Jakarta (ANTARA) – Jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 setiap hari di Indonesia bertambah menjadi 189, dengan jumlah kasus baru tertinggi dilaporkan di Jakarta, mencapai 53 pada Kamis pukul 12 siang waktu setempat, kata Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dikonfirmasi.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Pemerintah-19 yang diperoleh di sini pada hari Kamis, jumlah kasus harian terkonfirmasi tertinggi kedua dilaporkan di 29 kasus di Papua Barat, diikuti oleh 19 kasus di Jawa Timur; Jawa Tengah, 17 kasus; Dan Jawa Barat, 16 kasus.

Secara total, jumlah kasus terkonfirmasi epidemi COVID-19 di Indonesia mencapai 4.262.540.

Jumlah penyembuh harian telah meningkat menjadi 399. Jumlah pemulihan harian maksimum telah mencapai 252 di Papua Barat, diikuti oleh 34 di Jakarta, 32 di Jawa Tengah dan 19 di Jawa Barat. Dengan total 399 pasien sembuh, total kesembuhan mencapai 4.114.141.

Sementara itu, jumlah kematian nasional meningkat menjadi dua di Jawa Timur dan masing-masing tujuh di Jawa Tengah, Bali, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Riau. Secara keseluruhan, jumlah kematian akibat COVID-19 sejak Maret 2020 mencapai 144.088.

Berita Terkait: Kovit-19: 255 orang terkena dampak setiap hari di Indonesia
Selain itu, jumlah kasus aktif berkurang 217 sehingga total menjadi 4.311 kasus aktif. Namun, sebanyak 4.059 orang ditetapkan sebagai tersangka dan 229.759 sampel diperiksa.

Alexander K., Kepala Bidang Penanganan Kesehatan, Satgas Covit-19. Jinding mengatakan posko Pengendalian Pelayanan Publik (PPKM) di tingkat desa harus mendorong penggunaan etika kesehatan di masyarakat.

“Dengan mengaktifkan posko PPKM skala mikro, Omigran bisa ditanggulangi sehingga tidak masuk ke desa, RT, atau RW kita,” tegas Jinding.

Ia menegaskan, saat wabah masih terkendali, posko PPKM di tingkat desa harus mendorong penerapan norma kesehatan untuk mencegah munculnya klaster baru akibat perilaku jahil di keluarga dan masyarakat.

READ  Terlepas dari beberapa kesediaan untuk mengakui hal ini, perdagangan AS-China membaik

Upaya tersebut dapat mencegah munculnya varian omicron dengan kapasitas transmisi yang cepat dan meningkatkan kemampuannya untuk dirawat di rumah sakit meskipun gejalanya ringan.
Berita Terkait: Tidak ada kasus harian Pemerintah-19 di Sumut: Gugus Tugas
Berita Terkait: Kasus harian pemerintah di Yogyakarta telah turun menjadi kurang dari 100