POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jajak pendapat menunjukkan kemenangan bagi Prabowo Subianto – DW – 14/02/2024

Jajak pendapat menunjukkan kemenangan bagi Prabowo Subianto – DW – 14/02/2024

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto siap untuk menang pada hari Rabu Pemilu Presiden Menurut hitungan tidak resmi, dalam satu putaran.

Jajak pendapat independen Litbang Kompas mengatakan bahwa Prabowo memimpin dengan 59,84% suara berdasarkan 50,7% suara yang dihitung di sampel TPS di seluruh negeri.

Saingannya, mantan Gubernur Jakarta Anis Baswedan dan Kanjar Pranovo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, masing-masing memperoleh kurang dari 23% dan 17,3% suara, kata Kompas.

Lembaga survei swasta menghitung suara dari sampel TPS di seluruh negeri. Ini disebut “penghitungan cepat”. Pada pemilu sebelumnya, jumlah lembaga survei terkemuka telah terbukti akurat. Hasil resmi diperkirakan belum akan muncul dalam beberapa minggu.

Pemilu satu hari terbesar di dunia

Jajak pendapat untuk pemilu satu hari terbesar di dunia telah selesai di Indonesia, yang akan menyaksikan presiden baru menggantikan Joko Widodo, yang dikenal sebagai Presiden Jokowi. Pemilih juga menentukan legislator dan anggota parlemen baru.

Pemungutan suara berlangsung di tiga zona di ujung lain negara ini, yaitu di hutan Sumatra, dengan TPS dibuka pada pukul 07:00 (2200 GMT) di Papua bagian timur dan ditutup pada pukul 13:00 (0600 GMT).

Lembaga survei swasta membuat tabulasi “penghitungan cepat” setelah pemungutan suara ditutup. Jajak pendapat independen Indikator Politik menunjukkan Prabowo Subianto dari Partai Gerindra memimpin dengan 59,77% suara, dengan 23% suara telah dihitung.

Badai petir menyebabkan banjir di beberapa bagian ibu kota Jakarta, mempengaruhi puluhan TPS, kantor berita Reuters melaporkan.

Pemilu satu hari di Indonesia menghadirkan tugas yang menantang bagi para pemilih

Browser ini tidak mendukung elemen video.

Siapa pesaing utamanya?

Persaingan untuk menjadi presiden pun terlihat Tiga kandidat utama muncul. Menurut jajak pendapat menjelang pemungutan suara, kandidat terdepan dalam pemilihan presiden adalah Prabowo Subianto dari Partai Gerindra, yang saat ini menjabat sebagai menteri pertahanan.

READ  Tunjukkan uangnya, cepat - Rabu, 28 Juli 2021

Prabowo mencalonkan diri melawan Kanchar Pranovo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Anis Baswedan, mantan gubernur Jakarta.

Jajak pendapat memperkirakan Probowo menang dengan perolehan suara 51,8% dan 51,9%, melebihi ambang batas 50% yang dibutuhkan untuk meraih kemenangan.

Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dengan sekitar 205 juta pemilih yang memenuhi syarat.

Apa yang dipertaruhkan?

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Indonesia Negara ini telah menikmati stabilitas dan pertumbuhan di bawah kepemimpinan Jokowi. Ketiga calon presiden telah membuat janji serupa untuk melanjutkan hal tersebut.

Propovo merupakan satu-satunya kandidat yang dikaitkan dengan era kediktatoran Suharto yang ditandai dengan kebrutalan dan korupsi. Pada saat itu, dia adalah seorang komandan Pasukan Khusus dan dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia, namun dia membantahnya dengan keras.

Ada kekhawatiran bahwa kepemimpinan pro-bono akan mengakibatkan kembalinya otoriter Indonesia di masa lalu.

Perubahan tersebut akan mempunyai dampak di luar Indonesia, karena Jakarta memiliki pengaruh diplomatik yang signifikan di antara negara-negara tetangganya di Asia Tenggara dan hubungan perdagangan yang kuat dengan Tiongkok dan Amerika Serikat.

kb,dh/dj (Reuters, AFP, AP)