POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jajak Pendapat menunjukkan bahwa Mohammed bin Salman adalah pemimpin asing paling populer bagi orang Indonesia – Monitor Timur Tengah

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh sebuah think-tank menemukan bahwa pemimpin dunia asing yang paling dipercaya orang Indonesia adalah Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Dalam survei Diterbitkan minggu ini oleh Lowy Foundation yang berbasis di Australia – berjudul “Memetakan Arah Mereka Sendiri: Bagaimana Orang Indonesia Melihat Dunia” – temuannya menyatakan bahwa mayoritas orang Indonesia, yaitu 57 persen, “mempercayai putra mahkota Saudi, Mohammed bin Salman Al Saud. “.

Selanjutnya, Putra Mahkota Abu Dhabi, Mohammed bin Zayed, berada di tempat kedua, dengan 52 persen dilaporkan memercayainya. Kedua pemimpin itu datang setelah Presiden Indonesia Joko Widodo, tentu saja.

Meskipun tidak sepenuhnya jelas mengapa mayoritas orang Indonesia mendukung para pemimpin Saudi dan Emirat, khususnya, survei tersebut menunjukkan kemungkinan adanya komponen agama.

Membaca: Seorang mantan pejabat CIA mengatakan putra mahkota Saudi sangat tidak populer di keluarga kerajaan

“Orang Indonesia tampaknya memandang negara-negara Muslim secara khusus tinggi,” katanya. Arab Saudi berada di puncak “Termometer Sentimen,” yang mengukur persepsi orang Indonesia tentang negara dan wilayah dalam skala dari 0 derajat (perasaan terdingin) hingga 100 derajat (perasaan terhangat).

Pada termometer ini, “Arab Saudi menerima pembacaan yang sangat hangat 70 derajat dari Indonesia, seperti halnya Uni Emirat Arab pada 64 derajat dan wilayah Palestina pada 63 derajat.” Tetapi survei menunjukkan bahwa orang Indonesia menyatakan “tingkat kepercayaan yang tinggi, terlepas dari agama yang mereka nyatakan”.

Survei oleh Lowy Institute – yang secara resmi didanai oleh pemerintah Australia, perusahaan sektor swasta dan filantropis internasional – menunjukkan bahwa dibandingkan dengan tingkat dukungan yang tinggi untuk Mohammed bin Salman dan Mohammed bin Zayed, hanya sebagian kecil orang Indonesia yang mempercayai para pemimpin regional. di Asia Tenggara.

READ  Kebijakan "tiba-tiba dan ekstrim" Xi menimbulkan ancaman bagi ekonomi China

Membaca: Israel mengatakan mereka berharap untuk menjalin hubungan dengan Arab Saudi dan Indonesia, tetapi tidak ada kesepakatan dalam waktu dekat