POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jagit menggunakan RM17,9 juta dalam deposito tetap Yakason Akalpudi untuk membiayai pembelian hotel putrinya, Pengadilan Tinggi

KUALA LUMPUR: Dato’ Sri Dr. Ahmed Zahid Hamidi (Gambar) Yayason Agalpudi (YAB) menarik deposit tetap sebesar RM17,9 juta dari dana tersebut untuk membiayai upaya putrinya untuk membeli sebuah hotel di Bali, Pengadilan Tinggi diberitahu di sini.

Wakil Jaksa Agung Dato ‘Raja Rosella Raja Thoran mengatakan bahwa putri Presiden UMNO Datuk Nurulhitaya tertarik untuk “menjalankan hotel” dan bahwa dana YAB digunakan untuk tujuan yang berbeda dari yang diharapkan.

Pada hari Kamis (14 Oktober) ia mengajukan pelanggaran pidana kepercayaan di akhir persidangan dalam kasus Ahmed Zahid, seorang pemodal YAB.

Ahmed Zahid, dalam surat tertanggal 23 Juni 2016, menguraikan jalur kas di mana DPP menginisiasi instruksi khusus kepada Affin Bank untuk menarik semua jumlah dari rekening deposito tujuh kali.

Jumlah yang sama kemudian dikirim ke firma hukum Tuan Louis & Co pada 28 Juni 2016 dengan cek bankir.

Dua hari kemudian, pada 30 Juni, perusahaan, atas saran Ahmed Zahid, menyerahkan cek senilai RM8.6 juta kepada operator hotel R-Yas Property Sdn Bhd.

Don Shri Rashid Manaf, ketua Ri-Yas Asset, pemegang saham di firma hukum, bersaksi bahwa dia telah memerintahkan terdakwa untuk membayar pembelian 60% saham di perusahaan tersebut.

Rashid bersaksi di pengadilan bahwa dia telah bertemu dengan Nurulhitaya untuk membahas inisiatif yang diusulkan.

Dia juga mengatakan kepada pengadilan bahwa perusahaan berusaha menjual sahamnya karena menghadapi kesulitan membayar pinjaman bank EXIM US$ 24,8 juta untuk membeli hotel di Bali.

Namun, kesepakatan itu tidak terwujud dan RM8.6 juta kemudian ditransfer ke Louis & Co, kemudian disimpan dalam deposito tetap pada Juli 2016 dan Mei 2017.

READ  Gempa berkekuatan sedang dengan kekuatan 4,3 69 km dari Jayapura, Indonesia tepat setelah tengah malam / Volcano Discovery

“Bahkan jika kita menerima bahwa (membeli hotel) adalah investasi YAB, pertanyaannya adalah, bagaimana uang yang dihabiskan untuk hotel di Indonesia dapat membantu orang miskin di Malaysia?

“Kami dengan rendah hati menyampaikan bahwa terdakwa dari tujuh deposito tetap yang dimiliki oleh YAB menyalahgunakan dana RM17,9 juta secara tidak jujur,” katanya.

Raja Rosella mengatakan tujuan dana AAP ini khusus untuk mengentaskan kemiskinan dan memajukan kesejahteraan masyarakat miskin serta melakukan penelitian dan penelitian terkait program pengentasan kemiskinan.

“Dengan kata lain, dana dalam rekening YAB digunakan untuk kepentingan pribadi terdakwa dan untuk kepentingan seseorang atau orang-orang yang tidak memiliki hubungan atau kepentingan dengan YAB,” tambahnya.

Ahmed Zahid menghadapi 47 dakwaan – 12 pelanggaran kriminal kepercayaan (CBT), delapan korupsi dan 27 pencucian uang – yang melibatkan sepuluh juta ringgit milik YAB.

Sidang akan dimulai pada Senin (18 Oktober) di hadapan Hakim Colin Lawrence Sequeira.