POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ini selfie terakhir dari pendarat Insight Mars yang memudar

Selfie panorama dari pendarat InSight yang tertutup debu.

NASA telah membagikan potret diri terakhir yang akan diambil oleh pendarat Mars Insight, menunjukkan panel surya berlapis debu yang menyatu dengan regolith di sekitarnya. Misi InSight diperkirakan akan berakhir tahun ini, dan penyelidikan akan membutuhkan semua kekuatan yang tersisa untuk mengumpulkan data ilmiah sebanyak mungkin.

Pada konferensi pers minggu lalu, NASA mengumumkan bahwa InSight kemungkinan akan menghentikan semua operasi pada akhir 2022. Akhir dari misi ini adalah karena jumlah debu yang menumpuk di panel surya pesawat ruang angkasa, yang membatasi jumlah daya yang dapat diambil oleh pesawat ruang angkasa.

Selama tiga tahun, InSight telah bekerja keras di permukaan Mars, Mengambil gambar langit Mars Dan gunakan seismometer untuk mendeteksi rawa. Selama dua tahun, probe telah mencoba menggunakan probe panas “Mole” untuk mengebor ke permukaan Mars, Sebelum alat tersangkut di tanah berpori. Awal bulan ini, pendarat Temukan aktivitas seismik terbesar yang diketahui hingga saat ini Di planet lain: gempa berkekuatan 5 terjadi di suatu tempat di dalam Mars.

Penyelidikan juga memberi para ilmuwan Tampilan terbaik di interior Mars, Begitu juga sistem geologi dan seismik yang beroperasi di planet ini saat ini. InSight sejauh ini telah mendeteksi 1.313 gempa bumi, dan sejauh ini dapat mendeteksi lebih banyak lagi sebelum operasi ilmiahnya selesai.

Salah satu panel surya tertutup debu InSight.

The mission’s end has been a creeping certainty. The lander has previously been Diberlakukan dalam mode aman dari badai debu Mars. langkah-langkah menjembatani Ini membantu menghilangkan beberapa debu dari lempengan—yaitu, dengan sengaja membuang debu Mars ke atas debu untuk mengeluarkannya—tetapi tindakan seperti itu tampaknya telah memperpanjang hal yang tak terhindarkan.

Selfie terakhir ini diambil pada 24 April, dan menunjukkan jumlah debu yang menumpuk di panel surya pesawat ruang angkasa. Ini lebih banyak debu daripada yang ditemukan di selfie pertama dan kedua pendarat, Diambil pada bulan Desember 2018 Dan Antara Maret dan April 2019.

Selfie adalah mosaik, yang berarti mereka dijahit bersama dari beberapa foto, setiap foto membutuhkan lengan robot yang memegang kamera pendaratan berada di posisi yang berbeda. Dengan berkurangnya pasokan listrik, selfie sama sekali tidak layak menghabiskan baterai, dan lengan robot akan dipindahkan ke mode istirahat (atau “mode pensiun”) bulan ini, menurut NASA.

Pada konferensi pers minggu lalu, Cathia Zamora Garcia, wakil manajer proyek untuk InSight, mengatakan operasi sains penjelajah Bumi mungkin berakhir pada pertengahan Juli, tetapi iklim Mars tidak dapat diprediksi.

Tidak peduli berapa banyak waktu yang tersisa untuk InSight, kita mungkin tidak akan pernah melihat pendarat dalam panorama yang begitu indah lagi.

Lebih lanjut: Badai debu mengirim penjelajah Mars China ke mode aman

READ  astronomi yang buruk | Atmosfer Pluto mulai membeku