POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Inflasi inti mengukur penurunan di AS dan Zona Euro

Inflasi inti mengukur penurunan di AS dan Zona Euro

  • Penampilan Powell dan kesaksian Lagarde akan menarik perhatian
  • Bank sentral dari Hongaria hingga Kolombia akan menetapkan suku bunga

Para pembuat kebijakan di kedua negara mungkin akan merasa lega pada minggu ini mengenai perlambatan yang terjadi pada langkah-langkah fundamental utama pertumbuhan harga konsumen.

Di Amerika Serikat, ukuran inflasi pilihan The Fed, yaitu ukuran inflasi inti tahunan yang tidak mencakup makanan dan energi, mungkin telah turun di bawah 4% pada bulan Agustus untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun.

Sementara itu, ukuran pertumbuhan harga inti tahunan zona euro diperkirakan akan melambat menjadi 4,8% pada bulan September – level terendah dalam 12 bulan.

Bukti-bukti tersebut seharusnya bisa meyakinkan para pejabat dari The Fed dan Bank Sentral Eropa seminggu setelah setiap sinyal untuk memperketat kebijakan moneter kemungkinan akan diterapkan atau setidaknya dihentikan sementara untuk saat ini, sehingga mengalihkan fokus untuk mempertahankan suku bunga tetap tinggi untuk menghancurkan inflasi sepenuhnya.

Namun, mereka mempunyai alasan untuk berhati-hati, karena harga minyak mentah yang mendekati $100 per barel berpotensi memicu pertumbuhan harga lebih lanjut.

Beberapa kenaikan biaya energi baru-baru ini telah membuahkan hasil. Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi agregat yang disukai The Fed diperkirakan akan naik dari bulan ke bulan ke salah satu pembacaan terkuat tahun ini ketika laporan tersebut dirilis pada hari Jumat.

Namun, inflasi utama zona euro, yang akan dirilis pada hari yang sama, kemungkinan akan melemah secara signifikan – menjadi 4,5%, yang merupakan level terendah dalam dua tahun.

Di tempat lain, kemunculan para pemimpin The Fed dan Bank Sentral Eropa, serta keputusan suku bunga mulai dari Hongaria hingga Meksiko, akan membuat investor sibuk.

Amerika Serikat dan Kanada

Di Amerika Serikat, laporan pengeluaran konsumsi pribadi mungkin merupakan angka terakhir pemerintah yang dilihat oleh para pembuat kebijakan selama beberapa waktu sebelum potensi penutupan yang dimulai pada tanggal 1 Oktober. Ketika pemerintah ditutup pada tahun 2013, angka-angka seperti laporan ketenagakerjaan dan lainnya mengalami penundaan.

READ  Kepresidenan G20 Indonesia mempromosikan ekonomi global yang kuat dan berkelanjutan

Data lain minggu ini mencakup penjualan rumah baru, sentimen konsumen, dan pesanan barang tahan lama. Biro Sensus akan menerbitkan estimasi ketiga pertumbuhan kuartal kedua selain revisi acuan.

Ketua Fed Jerome Powell akan mengadakan pertemuan dengan para pendidik, sementara rekan-rekannya Neel Kashkari, Austin Goolsby, Thomas Barkin dan John Williams dijadwalkan untuk berbicara di acara terpisah.

Di Kanada, data PDB bulan Juli akan dirilis setelah data awal sebelumnya mengindikasikan perekonomian datar pada bulan tersebut, mendukung keputusan bank sentral untuk mempertahankan suku bunga stabil di 5%.

Data gaji dan lowongan pekerjaan diperkirakan menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja terus menurun meskipun pertumbuhan upah tetap kuat.

Asia

Gubernur Bank of Japan Kazuo Ueda dan wakilnya Shinichi Uchida akan berbicara pada hari Senin menyusul keputusan kebijakan terbaru bank sentral pada hari Jumat.

Minggu ini, negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia juga akan melaporkan serangkaian data pada hari Jumat, termasuk inflasi Tokyo, penjualan ritel, produksi industri, dan angka pasar tenaga kerja.

Pada minggu kunjungan Wakil Presiden Komisi Eropa Valdis Dombrovskis ke Tiongkok, investor akan mencermati data PMI negara tersebut pada hari Jumat untuk menganalisis kondisi terkini perlambatan ekonomi Tiongkok.

Australia akan mengumumkan angka inflasi terbaru pada hari Rabu dan data penjualan ritel pada hari Kamis – keduanya akan menjadi masukan dalam keputusan kebijakan Reserve Bank of Australia pada minggu berikutnya.

Sementara itu, bank sentral Thailand diperkirakan akan terus menaikkan suku bunga pada hari Rabu, setelah itu negara tersebut diperkirakan akan menunjukkan hasil perdagangan yang sedikit lebih baik pada hari Jumat.

Di tempat lain, Singapura akan merilis data inflasi pada hari Senin yang kemungkinan akan menunjukkan perlambatan lebih lanjut, sementara Hong Kong akan merilis laporan perdagangan pada hari Selasa.

Eropa, Timur Tengah, Afrika

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde akan memberikan kesaksian di Parlemen Eropa pada hari Senin, dalam sesi yang kemungkinan akan membahas keputusan minggu lalu untuk menaikkan suku bunga lagi.

READ  India dalam Fokus - Reliance membatalkan kesepakatan ritel senilai $3,4 miliar; Larangan minyak sawit india di India; Kesepakatan perdagangan bebas Inggris-India ada di kartu

Rekan-rekan lain yang dijadwalkan untuk berbicara dalam beberapa hari mendatang termasuk Gubernur Bank Sentral Perancis François Villeroy de Galhau dan kepala ekonom Bank Sentral Eropa Philippe Lane.

Walaupun angka inflasi nasional dari seluruh kawasan akan menarik perhatian menjelang laporan Zona Euro, data penting lainnya adalah pembacaan kepercayaan bisnis Ifo Jerman terbaru.

Negara dengan perekonomian terbesar di Eropa ini mungkin sedang mengalami kontraksi saat ini, dan indeks tersebut – yang akan dirilis pada hari Senin – akan menunjukkan apakah ada tanda-tanda optimisme terhadap peningkatan pertumbuhan.

Sementara itu, di Inggris, yang minggu lalu mengejutkan investor dengan mempertahankan suku bunga tidak berubah dibandingkan menaikkannya, data PDB final untuk kuartal kedua akan dipublikasikan pada hari Jumat.

Ke arah timur, Bank Sentral Hongaria sedang bersiap untuk menurunkan suku bunga utamanya sebesar satu persentase poin penuh untuk bulan kelima pada hari Selasa. Keesokan harinya, pejabat Ceko mungkin masih diskors.

Di Rusia, data makroekonomi akan dipublikasikan pada hari Rabu, termasuk angka produksi industri yang kemungkinan akan menunjukkan pemulihan yang kuat seiring dengan ekonomi perang Putin yang meningkatkan produksi pertahanan untuk mendukung invasinya ke Ukraina.

Keesokan harinya, Gubernur Bank Sentral Rusia Elvira Nabiullina, ajudan ekonomi Kremlin Maxim Oreshkin dan Menteri Keuangan Anton Siluanov dijadwalkan untuk berbicara di Forum Keuangan Moskow.

Melihat ke arah selatan, perlambatan inflasi tahunan yang tidak terduga pada bulan Agustus dan ekspektasi bahwa dampak dasar harga pangan akan menyebabkan penurunan inflasi pada kuartal keempat kemungkinan akan mendorong Bank of Ghana untuk mempertahankan suku bunga kebijakan utamanya tidak berubah pada hari Senin.

Pada hari Selasa, Bank Sentral Maroko membuat keputusan suku bunga pertamanya sejak gempa bumi dahsyat tersebut. Meskipun tingkat inflasi 5%, di atas tingkat dasar 3%, bank dapat memilih untuk tidak menaikkan suku bunga.

READ  Memperingatkan! Bank Recomma Ekonomi Dunia Rimal 4,9% 2024-2025

Cadangan devisa Arab Saudi turun ke level terendah sejak 2009 pada bulan Juli. Pada hari Kamis, investor akan mencermati angka-angka pada bulan Agustus untuk melihat apakah tren ini terus berlanjut atau apakah pemerintah telah memilih untuk meningkatkan cadangan devisa.

Amerika Latin

Di Brasil minggu ini, bank sentral pada hari Selasa menerbitkan risalah keputusan suku bunga tanggal 20 September untuk menurunkan suku bunga utama menjadi 12,75%. Pada hari Kamis, laporan inflasi triwulanan akan memperbarui skenario dan perkiraan utama hingga akhir tahun hingga tahun 2024.

Juga di luar Brasil, angka inflasi pertengahan September kemungkinan akan melonjak mendekati 5% karena angka inflasi -0,73% pada bulan Agustus lalu berada di luar rangkaian data. Para analis memperkirakan pengangguran pada bulan Agustus akan mendekati titik terendah dalam delapan tahun terakhir di tengah tingkat perekrutan yang mendekati rekor – yang semuanya belum menambah tekanan upah.

Di Argentina, pembacaan PDB pada bulan Juli kemungkinan akan mencatat rekor negatif keempat berturut-turut karena negara dengan ekonomi terbesar kedua di Amerika Selatan ini tergelincir ke dalam resesi.

Berbagai indikator termasuk produksi industri dan penjualan ritel di luar Chile pada bulan Agustus akan tetap negatif meskipun indikator-indikator tersebut mungkin menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang lebih baik di kawasan ini pada tahun 2024.

Pada akhir minggu ini, Banco de Mexico dan Banco de la Republica di Kolombia dipastikan mempertahankan suku bunga utama mereka tidak berubah.

Tampaknya keduanya belum siap untuk mulai menghilangkan jalur pendakian standar, meskipun Menteri Keuangan Kolombia Ricardo Bonilla mengatakan ia akan menuntut pengurangan jalur pendakian. Ekonom lokal memperkirakan penurunan dari 13,25% pada bulan depan sementara Banxico memperkirakan akan tetap pada 11,25% hingga tahun 2024.


Penafian: Artikel ini pertama kali muncul di Bloomberg dan diterbitkan melalui pengaturan sindikasi khusus.