POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indrawati menyoroti peran menteri keuangan dalam mencapai target NDC

Indrawati menyoroti peran menteri keuangan dalam mencapai target NDC

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti peran menteri keuangan dalam memastikan negaranya mencapai target Kontribusi Nasional (NDC) dalam mengatasi perubahan iklim.

Hal itu disampaikan Indrawati saat memimpin Pertemuan Tingkat Menteri Keuangan untuk Aliansi Aksi Iklim (CFMCA) ke-11 bersama Menteri Keuangan Belanda Steffen van Weyenberg di Washington, DC, Rabu (17 April).

“Peran menteri keuangan sangat penting untuk memastikan setiap negara mencapai target NDC-nya,” kata Indrawati dalam keterangannya, Jumat (19 April).

Selain memastikan dukungan finansial, Indrawati menekankan perlunya para menteri keuangan untuk berpartisipasi dalam persiapan, peninjauan, dan implementasi NDC. Menteri keuangan juga harus mengembangkan kebijakan ekonomi dan keuangan yang berkelanjutan dan sehat, tambahnya.

Ada tiga isu yang dibahas dalam pertemuan tingkat menteri ini: peran kementerian keuangan dalam mendorong penerapan kontribusi yang ditetapkan secara nasional, penghapusan subsidi yang merusak alam secara bertahap, dan mobilisasi pasar global untuk membiayai transisi ramah lingkungan.

Indrawati mencatat bahwa pertemuan tersebut merupakan platform penting bagi para menteri keuangan untuk berbagi praktik terbaik mereka.

“Memasukkan Kementerian Lingkungan Hidup sebagai fokus nasional implementasi Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) di negara-negara terkait,” ujarnya.

Selain pertemuan CFMCA, Menteri juga menghadiri Pertemuan Musim Semi IMF di Washington DC di mana beliau berbicara tentang volatilitas perekonomian regional dan global saat ini akibat ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan belahan dunia lainnya.

Indrawati juga menyampaikan pidato utamanya pada acara tingkat tinggi bertajuk “Menavigasi Titik Tengah Transisi Rendah Karbon: Peran Penting Kementerian Keuangan” di Brookings Institution, juga di Washington, DC.

Dalam sambutannya, Indrawati menjelaskan bahwa transisi energi merupakan proses kompleks yang harus mempertimbangkan aspek politik dan sosial dalam pelaksanaannya.

READ  Arab Saudi dan ISESCO adalah mitra dalam proyek rute haji bersejarah

Berita Terkait: Menteri Keuangan Indonesia Mengatasi Kompleksitas Transisi Energi

Berita terkait: Bantuan pangan memiliki fungsi ekonomi, bukan sosial: Indrawati