POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia optimistis amankan pasokan vaksin COVID-19 untuk Agustus

Hadirnya 3,5 juta dosis vaksin Moderna siap pakai dan 620.000 dosis vaksin AstraZeneca siap pakai memastikan ketersediaan stok. Secara total, ada sekitar 178 juta dosis

Jakarta (Antara) – Pemerintah Indonesia optimistis bisa mengamankan pasokan vaksin COVID-19 untuk Agustus setelah kedatangan vaksin Moderna sumbangan AS pada Minggu dan kedatangan vaksin AstraZeneca yang dijadwalkan Senin dari Inggris.

“Kedatangan 3,5 juta dosis vaksin Moderna siap pakai dan 620.000 dosis vaksin AstraZeneca siap pakai telah memastikan stok aman. Jumlah total dosis 178 juta dosis,” Mohajer Effendi, kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, di Jakarta, Minggu.

Dia memastikan pasokan vaksin COVID-19 telah memenuhi target vaksinasi dua juta orang per hari sepanjang Agustus 2021.

“Diperlukan stok vaksin yang aman untuk mempercepat dan memperluas program vaksinasi dua juta dosis per hari pada Agustus sesuai arahan Presiden,” kata Mohajer Effendi dalam keterangannya terkait kedatangan batch vaksin COVID-19 32 dan 33. di Soekarno. – Bandara Internasional Hatta di Tangerang Banten pada hari Minggu.

Dia memastikan pemerintah Indonesia telah mengamankan pasokan 440 juta dosis vaksin COVID-19 yang dibeli dalam beberapa tahap.

Dia mengatakan, pemerintah Indonesia pada hari Minggu menerima 3,5 juta dosis vaksin Moderna yang disumbangkan oleh pemerintah Amerika Serikat, dan diharapkan menerima 620.000 dosis AstraZeneca yang disumbangkan oleh Inggris pada hari Senin, melalui fasilitas COVAX.

Dia mencatat bahwa pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama dengan berbagai negara dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 di dalam negeri.

Selain itu, pemerintah berupaya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi terhadap COVID-19 dengan tujuan mencapai kekebalan kelompok terhadap penyakit.

Oleh karena itu, pemerintah mendesak pihak swasta, organisasi profesi, organisasi masyarakat, dan lembaga lainnya untuk bahu-membahu mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

READ  Taliban Merasa 'Dikhianati' Saat Militer AS Menonaktifkan Helikopter dan Pesawat Sebelum Meninggalkan Afghanistan, South Asia News

“Sudah dipastikan vaksin yang dikirim ke Indonesia aman dan halal. Ia mengimbau masyarakat tidak ragu untuk divaksinasi.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak aman dan menggunakan masker.