POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mulai melakukan pemungutan suara untuk memilih presiden baru di tengah kekhawatiran ekonomi

Indonesia mulai melakukan pemungutan suara untuk memilih presiden baru di tengah kekhawatiran ekonomi

Pemungutan suara dimulai di Indonesia pada hari Rabu, dengan lebih dari 200 juta pemilih memberikan suara mereka untuk memilih presiden baru di tengah kekhawatiran mengenai biaya hidup dan hak asasi manusia. CNN tersebut.

Indonesia menargetkan memasuki babak baru dalam dunia politik setelah Presiden Joko Widodo menyelesaikan masa jabatan maksimalnya sebagai presiden.

Rakyat Indonesia tidak hanya akan memilih presiden dan wakil presiden baru, namun juga anggota parlemen dan wakil daerah dalam pemilu satu hari terbesar di dunia. Al Jazeera.

Lebih dari 204 juta penduduk Indonesia yang berjumlah 270 juta jiwa terdaftar sebagai pemilih, dan meskipun memilih tidak diwajibkan, Hari Pemilu adalah hari libur umum, sehingga tingkat partisipasi pemilih pada umumnya tinggi. Tingkat partisipasi pemilih pada pemilu terakhir tahun 2019 adalah 81 persen, menurut Komisi Pemilihan Umum Indonesia.

Terdapat 18 partai politik nasional di seluruh Indonesia, dengan 575 kursi parlemen yang akan diperebutkan. Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo, yang dikenal sebagai “Jokowi,” telah menyelesaikan masa jabatan maksimal dua kali, sehingga pemilu tahun ini akan menandai pergantian kepemimpinan pertama dalam 10 tahun.

Bahkan Sembring, Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia di Riau (WALHI Riau), menggambarkan pemilu ini sebagai “peluang penyembuhan” bagi para pemilih di Indonesia dan “momen penting yang berpotensi untuk pemulihan Indonesia dalam lima tahun ke depan.” Tiga calon presiden dan wakil presiden bersaing untuk mendapatkan posisi teratas, termasuk seorang mantan jenderal militer, seorang mantan akademisi, dan seorang yang memproklamirkan diri sebagai “pria rakyat”.

Di antara kandidat utama lainnya yang bersaing dalam pemilu, Prabowo Subianto (72), mantan orang kuat di militer dan saat ini menjabat Menteri Pertahanan Indonesia, mencalonkan diri untuk jabatan puncak untuk ketiga kalinya, setelah kalah dari Jokowi pada tahun 2014 dan 2019, Al Jazeera melaporkan.

Namun, Prabowo Subianto dikritik karena masa jabatannya di militer, dan dituduh menculik lebih dari 20 aktivis pro-demokrasi pada akhir tahun 1990an, namun ia tidak pernah didakwa, dan sekitar selusin dari mereka tidak pernah ditemukan. .

Prabowo Subianto juga dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Timor Timur dan Papua. Ia diberhentikan dari militer pada tahun 1998 dan dilarang memasuki Amerika Serikat hingga tahun 2020 setelah menjadi menteri pertahanan di bawah kepemimpinan Jokowi. Wakilnya, Gebran Rakabuming Raka, 36, juga dianggap sebagai kandidat yang “kontroversial”, menurut surat kabar tersebut. Al Jazeera.

READ  PDB sebesar 7,8% tidak mencerminkan momentum perekonomian India saat ini

Prabowo adalah ketua Partai Girindra, partai politik populis nasionalis sayap kanan, yang didukung oleh koalisi partai lain termasuk Golkar dan Partai Devolusi Nasional. Meskipun Prabowo dan Gebran tidak mendapat dukungan eksplisit terhadap Jokowi, karena presiden petahana seharusnya tetap netral, mereka dipandang sebagai kandidat yang “kontinuitas”.

Prabowo mengatakan dia berencana membangun tiga juta rumah baru di daerah pedesaan, pesisir dan perkotaan, dan meluncurkan program makan siang gratis untuk anak-anak sekolah sebagai bagian dari kebijakan yang dirancang untuk memerangi stunting.

Kandidat utama lainnya, Jangar Pranowo, 55, adalah mantan Gubernur Jawa Tengah dan anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), sebuah “partai politik nasionalis sekuler” yang mendukung Jokowi sebagai presiden pada tahun 2014 dan 2019. dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri, putri presiden pertama untuk Indonesia, Sukarno, Al Jazeera tersebut.

Janjar bersaing ketat dengan Mahfud MD (66 tahun), mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang juga mendapat dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Persatuan Indonesia. (Berendo).

Janjar dan Mahfud menggambarkan diri mereka sebagai “dua orang yang rendah hati” yang memahami masyarakat Indonesia. Mereka berbincang tentang perjalanan ke seluruh penjuru negeri untuk mendengarkan keprihatinan masyarakat Indonesia, dan menjalankan kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup mereka, salah satunya melalui distribusi bantuan sosial yang lebih luas melalui program yang dikenal sebagai KTP Sakti.

Mereka juga berjanji akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil, guru, dan dosen. Mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan (54 tahun), mencalonkan diri sebagai kandidat independen dan “oposisi” dalam pemilu.

Ia belajar di Amerika Serikat, bergabung dengan sektor akademis, dan kemudian terjun ke dunia politik sebagai Menteri Pendidikan. Namun, ia menimbulkan kontroversi ketika mencalonkan diri sebagai gubernur Jakarta pada tahun 2017 dan dituduh menggunakan politik identitas terhadap saingannya Basuki Tjahaja Purnama, yang dikenal sebagai Ahok, yang akhirnya dipenjarakan karena penodaan agama.

READ  Bank Syariah Indonesia-Askarindo Syariah Kergasama Layanan Kustodian Syariah

Muhaimin Iskandar (57 tahun) adalah Wakil Presiden DPR dan ketua Partai Kebangkitan Bangsa, partai politik Islam terbesar di Indonesia. Kedua pemimpin tersebut mendapat dukungan dari Partai Nasdim dan Partai Keadilan Sejahtera, menurut laporan Al Jazeera.

Anies dan Muhaymin bersaing memperebutkan janji untuk menjadikan Indonesia “adil dan sejahtera”, antara lain dengan membangun 40 kota baru di seluruh negeri dan membatalkan rencana Jokowi untuk Nusantara.

Mereka juga berjanji untuk mempromosikan kesempatan yang sama bagi pemilik usaha kecil dalam upaya untuk menciptakan lebih banyak kesempatan kerja di seluruh Indonesia. Namun kekhawatiran utama masyarakat Indonesia masih pada biaya hidup dan kemampuan menafkahi diri sendiri dan keluarga.

Pertumbuhan ekonomi melambat menjadi 5,05 persen pada tahun 2023 dibandingkan dengan 5,3 persen pada tahun 2022, sebagian besar disebabkan oleh lemahnya ekspor dan harga komoditas yang lebih rendah, Al Jazeera melaporkan, mengutip Badan Pusat Statistik.

Karena jumlah penduduk yang berusia di bawah 40 tahun merupakan setengah dari total jumlah pemilih terdaftar, perekrutan menjadi perhatian utama. Menurut Badan Pusat Statistik, tingkat pengangguran pada Agustus 2023 adalah 5,32 persen, dan rata-rata upah bulanan di seluruh Indonesia adalah 3,18 juta rupiah (US$203).

Menurut Al Jazeera, isu-isu lain termasuk hak asasi manusia dan kemerosotan demokrasi di Indonesia, dengan protes mahasiswa yang terjadi di seluruh kampus dalam beberapa minggu terakhir ketika staf dan mahasiswa bersuara di beberapa universitas terbesar dan terkemuka di Indonesia, termasuk Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta. Universitas Indonesia. Tentang perlunya menyelenggarakan pemilu yang adil dan transparan.

Semua pemilih yang berusia di atas 17 tahun akan diberikan lima surat suara berbeda untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, serta perwakilan di tingkat nasional, regional, teritorial, kabupaten, dan kota.

Di bilik suara, masyarakat menentukan pilihannya dengan menusuk kertas suara dengan paku dalam proses yang disebut “copulos”, yang artinya “meninju”. Penggunaan paku untuk melubangi kertas suara diyakini akan mempersulit pengubahan suara, seperti yang dilaporkan Haaretz. Al Jazeera.

READ  Indonesia berharap investor global akan mengikuti contoh produsen mobil

Suara dihitung secara terbuka di tempat pemungutan suara, dengan kertas suara diangkat sehingga setiap orang dapat melihat cahaya yang bersinar melalui lubang yang dilubangi saat nama kandidat terpilih dibacakan.

Begitu masyarakat memilih, setiap pemilih mencelupkan jari kelingkingnya ke dalam tinta yang tidak dapat dihapus untuk melindungi dari banyaknya suara yang diberikan. Sementara itu, proses di TPS akan diawasi oleh sekitar tujuh juta petugas pemilu dan pekerja independen.

Al Jazeera melaporkan bahwa hasil awal kemungkinan akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum pada malam tanggal 14 Februari, namun hasil resminya bisa memakan waktu hingga 35 hari, karena banyak hal bergantung pada selesai atau tidaknya pemungutan suara.

Pengaduan hukum apa pun dari salah satu kandidat yang terlibat, termasuk tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, harus diajukan dalam waktu 35 hari setelah pemilu. Pada dua putaran sebelumnya, Prabowo mengajukan banding atas hasil tersebut melalui Mahkamah Konstitusi Indonesia.

Di antara para pemilih, sekitar 52 persen pemilih terdaftar berusia di bawah 40 tahun, dan sekitar sepertiga dari total pemilih berusia di bawah 30 tahun, sehingga menjadikan “suara kaum muda” penting.

Tahun ini, pemilih terdaftar adalah laki-laki sebanyak 49,91 persen dan perempuan sebanyak 50,09 persen. Polisi dan personel militer Indonesia dilarang memberikan suara. Kandidat presiden membutuhkan 50 persen dari total suara dan setidaknya 20 persen suara di setiap daerah untuk menyatakan kemenangan.

Al Jazeera melaporkan bahwa partai politik membutuhkan empat persen suara untuk masuk Parlemen. Jika tidak ada kandidat yang melebihi ambang batas 50 persen, dua kandidat teratas akan mengikuti putaran kedua dan terakhir pada 26 Juni. Presiden baru akan dilantik pada bulan Oktober.

Berikut ringkasan lengkap 3 menit dari semua yang dikatakan Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman dalam pidato Anggarannya: Klik untuk mengunduh!

Cerita ini diterbitkan dari feed kantor berita tanpa modifikasi teks. Hanya judulnya saja yang berubah.