POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mengusulkan 3 prioritas Arab untuk mendukung Palestina

TEMPO.CO, JakartaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi Menerima Kunjungan para duta besar dan perwakilan kedutaan besar negara-negara Arab untuk Indonesia di kantor kementerian di Jakarta pada Selasa, 2 April. Pertemuan tersebut berlangsung lebih dari satu jam dan membahas perkembangan situasi di Gaza.

Retno menekankan indikasi Persatuan dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina dan tanggung jawab moral untuk memberikan dukungan bagi Palestina.

“Seluruh masyarakat Indonesia turut serta mendukung perjuangan Palestina. Saya sangat menghargai Anda Sikap proaktif Di berbagai internasional Forum yang membela Palestina,” kata Duta Besar Palestina Zuhair S. M. Al-Shun.

Dalam pertemuan tersebut, Retno mengusulkan tiga fokus area bagi Indonesia dan negara-negara Arab untuk mengatasi krisis kemanusiaan di Gaza. PertamaDan jaminan Wajib Untuk Resolusi 2728 (2024) yang menyerukan gencatan senjata.

“Indonesia menyambut baik resolusi tersebut. Namun, kita semua mempunyai tanggung jawab yang besar untuk memastikan bahwa Israel mendukung dan menghormati resolusi tersebut,” tegasnya.

Sejauh ini, Dewan Keamanan PBB telah melakukan hal tersebut Banyak hal berlaluSolusi mengenai Palestina Jika keputusan ini dilaksanakan, Palestina tidak akan menghadapi krisis yang sedang terjadi saat ini. Retno juga menyampaikan penyesalannya karena Israel kembali melanjutkan serangannya ke Gaza setelah mengadopsi Resolusi 2728.

Kedua, seruan agar Palestina menjadi anggota PBB. Indonesia mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB dan mendesak para duta besar untuk mendorong negaranya melakukan hal tersebut Dalam nada yang sama. Ketiga, mendukung upaya yang bertujuan untuk mempertahankan UNRWA, mengingat peran pentingnya dalam membantu pengungsi Palestina.

Retno juga dipuji Negara-negara yang memutuskan untuk melanjutkan dukungan keuangan kepada UNRWA.

Pertemuan hari ini antara Menteri Retno Marsodia dengan perwakilan negara-negara Arab dihadiri tujuh duta besar dari Palestina, Yordania, Arab Saudi, Aljazair, Suriah, Oman, dan Mesir. Selain 13 perwakilan dari kedutaan besar Bahrain, Mauritania, Yaman, Lebanon, PEA, Irak, Libya, Qatar, Kuwait, Tunisia, Sudan, Somalia, dan Maroko.

READ  Skotlandia berada di garis depan global The Great Net-Zero Land Grab

Susi Ciccarwati

Pilihan Editor: Pesawat Hercules Indonesia yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Gaza tiba di Yordania

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News