POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia menempati peringkat ke-9 negara paling kuat: Asia Power Index 2021

TEMPO.CODan JakartaIndonesia Ini peringkat sebagai negara paling kuat ke-9 dari 26 negara, menurut Indeks Kekuatan Asia 2021 Lowy Institute dengan 19,4 dari 100.

Studi ini dilakukan oleh Lowy Institute, sebuah lembaga pemikir independen nonpartisan untuk politik internasional yang berbasis di Sydney, Australia. Lowy Institute menggunakan delapan indikator untuk mengukur negara-negara terkuat di Asia.

Berdasarkan lamannya, delapan indikator tersebut adalah kapasitas ekonomi, kapasitas militer, ketahanan, sumber daya masa depan, ikatan ekonomi, jaringan pertahanan, pengaruh diplomatik, dan pengaruh budaya.

Dalam ukuran kemampuan ekonomi, Indonesia mendapat nilai 9,0 dan berada di posisi kesebelas, sedangkan dalam kemampuan militer, mendapat 14,8 di tempat ketiga belas.

Nusantara juga mencetak 36,8 poin dan menempati peringkat kesepuluh dalam hal ketahanan. Sedangkan untuk skala sumber daya masa depan menempati peringkat kelima dengan skor 11,6.

Skor keseluruhan Indonesia meningkat dua poin dari tahun lalu. Pada tahun 2021, pengaruh diplomatiknya melampaui Singapura sebagai pemain paling berpengaruh secara diplomatis di Asia Tenggara.

sedang membaca: Indonesia-Inggris sepakat perbarui MoU kerja sama pertahanan

Amelia Rahima Sarri

READ  Deforestasi di Amazon mengancam salah satu spesies burung nasar terbesar di dunia