POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif

Indonesia mempercepat pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif

Kami mendukung pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan dua cara

Jakarta (Antara) – Seorang pejabat senior Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia telah menggariskan dua strategi untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi COVID-19.

“Kami mendukung pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan dua cara. Cara pertama menyiapkan infrastruktur Internet. Strategi kedua mendukung upaya peningkatan komunikasi publik,” kata Osman Kansung, Dirjen Media dan Komunikasi Publik. di kementerian. Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi virtual, Senin.

Menurut Kansong, langkah awal yang dilakukan adalah membenahi infrastruktur Internet di wilayah administrasi pemerintahan dan permukiman, terutama di wilayah perbatasan, terpencil, dan tertinggal.

Kementerian juga meminta operator telepon seluler untuk menyelesaikan pembangunan menara BTS (Basic Transceiver Station) skala besar, sehingga sinyal yang ada dapat terdistribusi secara merata, dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Menyiapkan infrastruktur Internet di daerah-daerah yang mengalami kesulitan persinyalan akan memungkinkan pelaku pariwisata atau ekonomi kreatif mengakses informasi lebih cepat dari perangkat mereka.

Ia menjelaskan kesiapan infrastruktur sinyal Internet 4G juga difokuskan pada kawasan wisata, sehingga dapat mendukung smart traveller dan menjadikan kawasan wisata sebagai smart destination sesuai regulasi di Indonesia.

Terakhir, tidak hanya dari sisi infrastruktur tetapi juga digital talent khususnya dari para pelaku di bidang ekonomi kreatif juga telah diasah selama pelatihan yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berita terkait: Menkeu berharap program I Do Care dapat menghidupkan kembali pariwisata di Indonesia

Strategi kedua, langkah besar pemulihan ekonomi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika, bertujuan untuk menyiapkan komunikasi publik yang efektif dan menarik.

READ  Kolaborasi adalah kunci untuk memperluas pelatihan bagi pemilik kelapa sawit skala kecil di Indonesia - Inforial

“Strategi komunikasi publik pertama kami fokus pada masyarakat yang masih ragu dengan kesiapan protokol kesehatan di tempat wisata,” kata Kansung.

Terjadi penurunan jumlah kasus COVID-19 yang cukup signifikan, sehingga penanganan pandemi dan rencana pemulihan ekonomi khususnya dari sektor pariwisata menjadi lebih baik.

Akan tetapi, masih terdapat kurangnya kepercayaan di kalangan sebagian masyarakat terhadap penanganan pemerintah dan rencananya, yang mana komunikasi publik yang positif dan berkelanjutan sangat diperlukan, agar sektor pariwisata dapat kembali menarik perhatian publik.

Penyebarluasan berita terkait program, kebijakan, dan kesiapan pariwisata Indonesia yang berbasis Hygiene, Health, Safety and Environment (CHSE) dan protokol kesehatan kepada media merupakan salah satu cara Kominfo mendapatkan kepercayaan publik.

Kementerian terus mengedukasi masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan saat berlibur atau bekerja di bidang kreatif, sehingga wabah dan pemulihan ekonomi dapat tertangani dengan baik.

Langkah-langkah juga telah diambil untuk menghilangkan misinformasi dan penipuan terkait penanganan pandemi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif guna meningkatkan kepercayaan publik.

Berita terkait: Menyebarkan kepercayaan, mempromosikan pemulihan yang diperlukan untuk pemulihan pariwisata