POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia membuka jalur kereta api berkecepatan tinggi Wash antara Jakarta dan Bandung

Indonesia membuka jalur kereta api berkecepatan tinggi Wash antara Jakarta dan Bandung

Indonesia telah membuka jalur kereta api berkecepatan tinggi pertamanya, sebuah proyek senilai US$7,3 miliar yang didukung oleh Tiongkok di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative). Presiden Indonesia Joko Widodo meluncurkan layanan tersebut pada Senin (2 Oktober) yang menghubungkan ibu kota, Jakarta, ke Bandung, pusat ekonomi utama yang dianggap sebagai Silicon Valley di Indonesia.

Kereta api tersebut diberi nama Whoosh, singkatan dari “Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal”, yang artinya “Hemat Waktu, Pengoperasian Optimal, Sistem Andal”. Ia dapat mencapai kecepatan hingga 350 km/jam (217 mph) dan memiliki jangkauan penerbangan 142 km. Jalur kereta api ini awalnya dijadwalkan dibuka pada tahun 2019 tetapi tertunda karena sengketa tanah, pandemi COVID-19, dan pembengkakan anggaran sebesar US$1,2 miliar.

Kesepakatan kereta api ditandatangani pada bulan Oktober 2015 setelah Indonesia memilih Tiongkok daripada Jepang dalam penawaran yang sengit. Proyek ini dibiayai dengan pinjaman dari China Development Bank sebesar 75% dari biaya. Sisanya 25% berasal dari dana konsorsium sendiri. Pengembalian investasi akan diperoleh melalui penjualan tiket dan potensi IPO di masa depan.

Whoosh dioperasikan oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China (PT KCIC), perusahaan patungan empat perusahaan negara Indonesia dengan China Railway International di Beijing.

Para pejabat Indonesia mengatakan jalur kereta api berkecepatan tinggi diharapkan dapat meningkatkan produktivitas perekonomian. Mereka juga menggembar-gemborkan fakta bahwa kereta tersebut menggunakan listrik, yang akan membantu mengurangi jejak karbon di negara tersebut. Kereta api tersebut telah dimodifikasi agar sesuai dengan iklim tropis Indonesia dan dilengkapi dengan sistem keselamatan yang mampu merespons gempa bumi, banjir, dan kondisi darurat lainnya. Kereta sepanjang 209 meter (685 kaki) ini mampu menampung 601 penumpang.

READ  Ringgit Malaysia dan Rupiah Indonesia yang Mendapat Keuntungan Tertinggi Seperti mata uang Asia, saham berjuang untuk menentukan arah inflasi dan masalah ekonomi.

PT KCIC memperkirakan tarif sekali jalan per penumpang akan berkisar antara 250.000 rupee (US$16) untuk kelas dua hingga 350.000 rupee (US$22,60) untuk kursi VIP. Sebagai perbandingan, tiket shuttle bus berharga sekitar 77.685 rupee atau sekitar 5 dolar AS.

Jalur Jakarta-Bandung merupakan kereta cepat tahap pertama yang nantinya akan diperpanjang hingga Surabaya, yang akan menghubungkan Jakarta ke ibu kota Provinsi Bagian Timur dalam waktu lima jam. Ada peluang bagi investor asing untuk mendirikan gerai ritel di sepanjang jalan utama.

tentang kami

Dezan Shira & Associates telah membantu investor asing di Asia dan telah melakukannya selama lebih dari 30 tahun. Kami menyediakan layanan intelijen pasar, hukum, perpajakan dan operasional dan memiliki dua kantor di Indonesia. Untuk bantuan, silakan hubungi kami di [email protected] dan lihat panduan “Melakukan Bisnis di Indonesia 2023” di bawah.

Bacaan terkait