POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia melepaskan kapal tanker minyak Iran yang disita empat bulan lalu

Seorang pejabat Indonesia dan media pemerintah Iran melaporkan pada hari Sabtu bahwa Indonesia pada hari Jumat telah merilis kapal berbendera Iran yang telah secara ilegal diubah menjadi minyak mentah empat bulan lalu.

Kantor Berita Republik Islam (IRNA) mengutip sebuah perusahaan minyak nasional Iran yang mengatakan bahwa MT Horse “dibebaskan 125 hari kemudian dan akan kembali ke perairan Iran setelah menyelesaikan misinya.”

Pada akhir Januari, menurut Badan Keamanan Laut Indonesia, pihak berwenang Indonesia menangkap MT Horse dan MT Freya berbendera Panama karena dipindahkan dari kapal ke kapal, menghentikan sistem identifikasi, dan menumpahkan minyak. Iran menyalahkan penyitaan kapal tanker itu sebagai “masalah teknis”.

Juru bicara Penjaga Pantai Indonesia Wisnu Pramandita mengatakan kapal tanker berbendera Iran, MD Horse, dibebaskan pada hari Jumat setelah keputusan pengadilan awal pekan ini.

Teheran telah dituduh menyembunyikan target penjualan minyaknya dengan menonaktifkan sistem pengawasan di kapal tankernya, di bawah sanksi AS yang terutama menargetkan ekspor minyaknya.

Tahun lalu, Reuters melaporkan bahwa mereka menggunakan kuda MT untuk mengirimkan 2,1 juta barel kapasitor ke Venezuela, yang diizinkan di Amerika Serikat.

Direkomendasikan untukmu

READ  Perubahan iklim menghancurkan seni kuno umat manusia