POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia: Gempa berkekuatan 5,1 melanda dekat Halmahera pada 11 Desember sekitar pukul 11:28.

10 Desember 2022 | 21:21 UTC

Gempa berkekuatan 5,1 melanda dekat Halmahera, Indonesia, pada pukul 11:28 pada tanggal 11 Desember; Tidak ada laporan segera tentang kerusakan atau korban jiwa.

Informasi

Angkutan

Teknologi komunikasi

Kesehatan

lingkungan

IDN

peristiwa

Gempa berkekuatan 5,1 melanda lepas pantai Halmahera di provinsi Maluku Utara pada pukul 11:28 pada 11 Desember. Gempa itu berpusat 25 km (16 mil) tenggara Topelo. Gempa tersebut terjadi pada kedalaman sekitar 13 km (8 mil), dan guncangan kuat dapat dirasakan di beberapa bagian Provinsi Maluku Utara. Tidak ada laporan awal tentang kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut. Khususnya di daerah terpencil, petugas bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan penilaian kerusakan yang terperinci. Gempa susulan kemungkinan terjadi dalam beberapa hari mendatang. Peristiwa itu tidak memicu peringatan tsunami.

Pihak berwenang dapat menutup sementara infrastruktur transportasi di zona gempa untuk memeriksa kerusakan. Gangguan kecil dapat terjadi selama penonaktifan, tetapi layanan akan dilanjutkan dengan cepat jika tidak ada kerusakan yang terdeteksi. Gangguan utilitas mungkin terjadi, terutama di dekat pusat gempa.

Nasihat

Karena sangat berhati-hati, pihak berwenang harus mengevakuasi bangunan bertingkat yang terguncang sampai mereka dapat memastikan integritas strukturalnya. Memantau dan merencanakan gempa susulan.

READ  Presiden telah mengirimkan 15.000 paket bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir Aceh