POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia dan Arab Saudi memiliki komitmen yang sama untuk mendukung Palestina: Wakil Presiden

Indonesia dan Arab Saudi memiliki komitmen yang sama untuk mendukung Palestina: Wakil Presiden

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia dan Arab Saudi memiliki komitmen yang sama dalam mendukung Palestina dan mengatasi konflik Israel-Palestina saat bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah.

Selain persiapan musim haji 2024, Ma’ruf dan Tawfiq juga membahas konflik Israel-Palestina dalam pertemuannya di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Selasa (30 April).

“Indonesia mengapresiasi upaya bersama Kerajaan Arab Saudi dalam kerangka Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dalam menggalang dukungan bagi penyelesaian konflik Israel-Palestina,” kata Wapres dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia mencatat, Indonesia dengan tegas menolak tindakan Israel terhadap Palestina, yang telah memperburuk ketidakstabilan keamanan di Timur Tengah.

Wapres menyatakan, “Indonesia juga menyerukan kepada semua pihak untuk segera menghentikan permusuhan dan memastikan distribusi bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.”

Menanggapi pernyataan Ma’ruf, Tawfiq menegaskan posisi Arab Saudi dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina sama dengan posisi Indonesia. Ia juga memuji tekad Indonesia dalam membela hak-hak warga Palestina di tingkat internasional.

Tawfiq mengatakan kepada Amin: “Sehubungan dengan masalah Palestina, kami juga setuju dengan Yang Mulia bahwa apa yang terjadi di sana adalah pelanggaran terang-terangan yang dilakukan oleh entitas kolonial Israel.”

Menteri Saudi mengatakan kepada Wakil Presiden bahwa sebagai tanggapan terhadap agresi Israel di Gaza, Arab Saudi menjadi tuan rumah pertemuan puncak luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam di Riyadh pada Oktober lalu. Ia menambahkan, Presiden Joko Widodo termasuk di antara pemimpin nasional yang hadir.

Ia menyatakan, KTT Organisasi Kerja Sama Islam mengamanatkan pembentukan komite yang terdiri dari para menteri luar negeri yang bertugas mengembangkan strategi diplomasi untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina, seraya menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi termasuk dalam komite tersebut.

READ  berita dunia | Bandara Beijing menangguhkan penerbangan dari 15 hotspot karena wabah COVID-19

Tawfiq juga menegaskan, koordinasi bilateral antara Kerajaan Arab Saudi dan Indonesia untuk mendukung Palestina, termasuk melalui platform Organisasi Kerjasama Islam (OKI), akan terus berlanjut.

Berita Terkait: Jokowi: Waktu tunggu haji berkurang dua tahun dengan tambahan kuota
Berita terkait: Wakil Presiden dan Duta Besar Saudi membahas kemitraan bilateral Liga Arab