POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia adalah pintu gerbang strategis menuju perekonomian ASEAN, kata ekonom tersebut

Indonesia adalah pintu gerbang strategis menuju perekonomian ASEAN, kata ekonom tersebut

JAKARTA (ANTARA) – Indonesia merupakan pintu gerbang strategis untuk mengeluarkan potensi ekonomi kawasan ASEAN, kata Enrico Tanwidjaja, ekonom senior United Overseas Bank Limited (UOB).

“Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan bonus demografi paling menjanjikan, Indonesia tetap menjadi pintu gerbang strategis untuk membuka potensi ekonomi di kawasan,” jelasnya dalam Portal UOB Konferensi ASEAN 2023 di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan, kemungkinan tersebut karena iklim investasi di Tanah Air yang cukup baik. Indonesia dipandang sebagai basis industri alternatif dan kompetitif dengan konsumsi domestik yang kuat.

Meski demikian, Tanwidjaja meyakini reformasi di sejumlah sektor ekonomi masih diperlukan untuk menjaga ketahanan iklim investasi di Indonesia.

Sektor-sektor ini mencakup transisi energi, manufaktur, peningkatan infrastruktur, penggunaan teknologi, dan pengembangan modal baru.

“Reformasi ini akan memungkinkan Indonesia mencapai tingkat output perekonomian yang lebih tinggi secara lebih berkelanjutan dan dalam jangka panjang,” jelas Tanwidjaja.

Sementara itu, UOB Indonesia optimis bahwa perkembangan industri manufaktur dan transisi menuju ekonomi hijau di Indonesia akan menjadi kunci untuk mendorong pertumbuhan dan menciptakan peluang.

Strategi ini dapat membantu meningkatkan nilai tambah perekonomian nasional, mendukung tujuan pelestarian lingkungan, dan menciptakan lapangan kerja untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang.

UOB Indonesia memperkirakan PDB Indonesia akan tumbuh menjadi 5,1 persen pada tahun 2023 dan 5,2 persen pada tahun 2024 di tengah meningkatnya tantangan global.

Melihat potensi tersebut, UOB Indonesia berkomitmen membantu menciptakan satu juta lapangan kerja di kawasan ASEAN, ujarnya.

Visi tersebut akan ditempuh dengan mendorong pertumbuhan di kawasan ASEAN melalui pembiayaan dan dukungan regulasi kepada negara-negara anggota, termasuk Indonesia.

Berita Terkait: Indonesia berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi ASEAN: Menteri

READ  Indonesia dan Kenya menandatangani empat perjanjian perdagangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Berita terkait: Menteri menekankan perlunya kerja sama untuk ekonomi biru yang berkelanjutan

Diterjemahkan oleh: Imamah Salafi, Katriana
Editor: Tia Motiyasari
Hak Cipta © Antara 2023