POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

India, UEA dan Indonesia di antara negara-negara Asia lainnya dalam pembicaraan untuk menyelesaikan perdagangan mata uang lokal: Laporan

India, UEA dan Indonesia di antara negara-negara Asia lainnya dalam pembicaraan untuk menyelesaikan perdagangan mata uang lokal: Laporan

New Delhi: Reserve Bank of India (RBI) telah mengambil langkah menuju internasionalisasi rupee – memungkinkan ekspor dan impor diselesaikan dalam mata uang India, memberi importir dan eksportir pilihan lain untuk menyelesaikan pembayaran, keputusan terbaru dari bank besar datang bersamaan ketika banyak ekonomi Asia seperti Indonesia, UEA, Sri Lanka dan Myanmar India saling berdiskusi untuk menyelesaikan perdagangan mata uang lokal mereka.

Mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut, standar bisnis Dilaporkan bahwa pembicaraan sedang berlangsung antara negara-negara ini, dan langkah-langkah Bank Sentral yang diumumkan pada hari Senin adalah langkah pertama ke arah ini. Langkah selanjutnya adalah menyelesaikan transaksi perdagangan dalam mata uang biner. Kedua negara akan menerima mata uang masing-masing. Sumber yang dikutip oleh Financial Daily mengatakan bahwa China sudah berdagang dengan Rusia tanpa dolar. Sumber menambahkan.

Reserve Bank of India telah memperkenalkan sistem pembayaran dan penyelesaian tambahan untuk tagihan ekspor dan impor dalam rupee, sebagai langkah untuk mengurangi ketergantungan pada transaksi dolar AS, terutama karena konflik Rusia-Ukraina yang menyebabkan pembatasan besar-besaran di Moskow oleh negara-negara Barat. . Beberapa bank Rusia telah dikeluarkan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT).

Perang di Ukraina dan tanggapan Barat mungkin telah mempercepat proses ini. Namun, sudah ada tanda-tanda dolar kehilangan hegemoninya sebagai mata uang perdagangan global. Bulan lalu, blog Dana Moneter Internasional mengatakan bahwa bank sentral tidak lagi menyimpan cadangan dolar mereka sendiri seperti dulu.

Selain itu, blog tersebut, mengutip data Dana Moneter Internasional tentang komposisi mata uang cadangan devisa resmi, menyatakan bahwa bagian dolar dalam cadangan devisa global, yang telah menurun selama lebih dari dua dekade, turun menjadi kurang dari 59 persen pada tahun kuartal keempat tahun ini. . tahun lalu.

Analis mengatakan tindakan RBI ditujukan untuk memfasilitasi kesepakatan dengan Rusia, yang menyumbang lebih dari 10 persen impor minyak mentah India.

READ  Menteri Ekonomi Kreatif ajak masyarakat ikut melestarikan batik

Ananth Narayan, Associate Professor di SP Jain Institute of Management and Research dan Senior India Analyst di The Observatory Group, mengatakan kepada publikasi: “Jika India mulai mengalihkan perdagangan dengan Rusia di bawah rute ini, kemungkinan akan membayar sebagian dari impor minyaknya. dalam rupee India … itu akan sangat memudahkan masuknya mata uang keras di India.”

Saat ini, rubel Rusia sama dengan 1,35 rupee, dan rupee mencapai rekor terendah untuk sesi ketiga berturut-turut 79,66 per dolar.