POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

India dan india bersama-sama meluncurkan dialog ekonomi dan keuangan baru

India dan india bersama-sama meluncurkan dialog ekonomi dan keuangan baru

Dialog Ekonomi dan Keuangan India-india yang baru ditandatangani akan mempertimbangkan investasi bilateral, layanan keuangan dan pembangunan infrastruktur sebagai bidang kerja sama mereka.

Kedua negara Asia Timur berbagi platform G-20, Organisasi Perdagangan Dunia, dan KTT Asia Timur.

Dialog ini akan memfasilitasi kerja sama yang lebih baik antara India dan Asia Tenggara sambil berkontribusi pada stabilitas ekonomi dan keuangan global, kata Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman dalam siaran pers bersama.

Sitharaman juga mencatat bahwa perdagangan dengan Indonesia telah meningkat delapan kali lipat sejak 2005, mencapai $38 miliar tahun lalu. Ia menambahkan, india merupakan mitra dagang terbesar India di kawasan ASEAN.

Mulyani Indrawati, menteri keuangan Indonesia, menyambut baik dukungan India untuk keanggotaan Indonesia dalam Gugus Tugas Aksi Keuangan, selama kepresidenan G20 tahun lalu dan kepresidenan ASEAN.

Kami akan terus memperkuat hubungan perdagangan dan investasi bilateral ini, kata Indrawati, menambahkan bahwa dialog baru akan meningkatkan kepentingan bersama dalam perdagangan dan investasi, termasuk sumber daya manusia.

Indrawati menambahkan, dalam pembicaraan bilateral, kedua negara membahas kerja sama di bidang teknologi digital, sistem pembayaran di bank sentral masing-masing, dan perdagangan lebih banyak mata uang lokal.

READ  Dampak ekonomi dari transisi demografis di Tiongkok