POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

India bersiap menjadi tuan rumah KTT Menteri Luar Negeri ASEAN; Kawasan Indo-Pasifik diperkirakan akan dibahas

India akan menjadi tuan rumah pertemuan dua hari para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dari 16 hingga 17 Juni, menandai peringatan 30 tahun hubungan negara itu dengan kelompok tersebut. Mulai Kamis, para menteri luar negeri ASEAN juga akan bertukar pandangan untuk meningkatkan kerja sama saat New Delhi mengintensifkan upayanya untuk meningkatkan keterlibatan di kawasan Indo-Pasifik. Tahun ini juga telah ditetapkan sebagai tahun persahabatan antara India dan ASEAN.

Sementara itu, EAM S Jaishankar pada hari Rabu menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Bala di India dan mengatakan mereka akan mengadakan Pertemuan Ketua Bersama ASEAN-India dan memajukan agenda bilateral.

Kemitraan strategis antara ASEAN dan India dibangun di atas landasan yang kokoh

Sebelumnya, dalam konferensi pers pada 10 Juni, juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arindam Bagshi, mengatakan kemitraan strategis antara ASEAN dan India memiliki landasan yang kokoh. Dia juga mencatat bahwa “ASEAN adalah pusat kebijakan India terhadap Timur dan visinya untuk kawasan Indo-Pasifik yang lebih luas.”

ASEAN terdiri dari Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, dan Filipina. Meskipun para menteri luar negeri India dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara bertemu setiap tahun, pertemuan mendatang dianggap luar biasa. Khususnya, pertemuan para menteri luar negeri ASEAN yang diselenggarakan oleh New Delhi terjadi hanya tiga minggu setelah Dialog Keamanan Kuartet atau pertemuan para pemimpin Kuartet di Tokyo, Jepang.

READ  Percakapan di media sosial menjelaskan mobilisasi militer Rusia

Pada pertemuan QUAD, Presiden AS Joe Biden mengumumkan Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) untuk meningkatkan partisipasi di kawasan Asia. Selain anggota Kuartet, perjanjian tersebut ditandatangani oleh tujuh anggota ASEAN termasuk Brunei, Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Vietnam. QUAD mencakup India, Australia, Jepang, dan Amerika Serikat.

PM Modi akan berpartisipasi dalam KTT I2-U2

Dalam pertemuan besar lainnya yang ditetapkan untuk India, Perdana Menteri Narendra Modi akan mengambil bagian dalam pertemuan puncak virtual Forum Ekonomi Quadripartit Asia Barat – I2-U2, yang mencakup India, Israel, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat. Perdana menteri akan bergabung dengan Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, dan Presiden Uni Emirat Arab Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

Keempat negara memutuskan untuk meluncurkan “kuartet baru” sebagai Menteri Luar Negeri Dr. S. Jaishankar kepada rekan-rekannya dalam pertemuan melalui tautan video dari Yerusalem. Sebuah “kuartet baru” akan diluncurkan pada perjalanan pertama Biden ke Timur Tengah saat ia akan mengunjungi Israel, Tepi Barat dan Arab Saudi mulai 13-16 Juli. Perdana Menteri Narendra Modi akan berpartisipasi dalam KTT Virtual I2-U2 bersama dengan para pemimpin lainnya.

Foto: PTI