POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ilmuwan top mengakui bahwa gambar bintang teleskop Webb sebenarnya adalah Chorizo

Seorang fisikawan Prancis terkemuka telah meminta maaf setelah mengakui bahwa gambar viral dari “bintang jauh” yang ia bagikan di Twitter sebenarnya tidak ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) senilai $10 miliar, melainkan hanya sepotong sosis babi.

Pada tanggal 31 Juli, Etienne Klein, Direktur Penelitian di Komisi Prancis untuk Energi Alternatif dan Energi Atom, men-tweet gambar itu ke lebih dari 90.000 pengikut Twitter dan mengklaim itu adalah gambar Teleskop Web baru yang menunjukkan bintang terdekat dengan matahari kita.

“Gambar Proxima Centauri, bintang terdekat dengan Matahari, berjarak 4,2 tahun cahaya dari kita,” tulis Klein dalam sebuah tweet (seperti yang diterjemahkan oleh Google). Itu ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. Tingkat detail ini… membuka dunia baru hari demi hari.”

Tangkapan layar tweet Etienne Klein.

Tweet itu dengan cepat menjadi viral dan di-retweet ribuan kali ketika orang-orang kagum dengan kekuatan pencitraan Teleskop Webb, yang memukau dunia. Foto luar angkasa yang belum pernah terjadi sebelumnyaTermasuk Cuplikan galaksi tertua yang pernah diamati.

Dalam tweet lanjutan, Klein mengungkapkan bahwa apa yang dia tweet hanyalah sepotong sosis Spanyol.

Nah, saat jam koktail, Klein menulis, “bias kognitif tampaknya menemukan banyak hal untuk dinikmati… waspadalah terhadap itu.” “Menurut kosmologi kontemporer, tidak ada organisme yang terkait dengan Charcuterie Spanyol di mana pun selain di Bumi.

“Mengingat beberapa komentar, saya merasa terdorong untuk menjelaskan bahwa tweet yang menunjukkan dugaan tembakan Proxima Centauri adalah bentuk hiburan. Mari kita belajar untuk waspada terhadap argumen dari otoritas seperti kita terhadap retorika spontan dari pihak tertentu. gambar-gambar…”

Namun, setelah menerima reaksi marah atas tweetnya, dunia Saya minta maaf dalam beberapa hari Karena memposting “berita palsu” yang membingungkan banyak orang, menyatakan bahwa itu hanya lelucon yang dimaksudkan untuk memperingatkan pengikutnya agar berhati-hati dengan gambar yang ditampilkan di Internet.

READ  Lihatlah peta 3D alam semesta terbesar dan terinci yang pernah ada

Dia menulis: “Saya datang untuk menawarkan permintaan maaf saya kepada mereka yang mungkin terkejut dengan penipuan saya, yang tidak asli.” “Saya hanya ingin mengingatkan agar berhati-hati dengan gambar yang tampak fasih. Lelucon seorang ilmuwan.”

Fisikawan Prancis terkemuka tienne Klein. Foto oleh Thesupermat Dan dilisensikan di bawah CC BY-SA 3.0.

Klein juga kicauan Web Terbaru Gambar indah dari Galaksi GerobakDia meyakinkan pengikutnya bahwa foto itu “nyata kali ini.”

“Ini adalah pertama kalinya saya membuat lelucon ketika saya lebih banyak berada di jaringan ini sebagai figur otoritas ilmiah,” kata fisikawan itu kemudian. Sebuah majalah berita yang berbasis di Paris Poin rendah. “Kabar baiknya adalah beberapa segera memahami penipuan, tetapi juga butuh dua tweet untuk menjelaskannya,” peneliti menjelaskan.

Ini juga menunjukkan fakta bahwa di jejaring sosial jenis ini, berita palsu selalu lebih berhasil daripada berita asli. Saya juga berpikir jika saya tidak mengatakan itu adalah gambar James Webb, itu tidak akan terlalu sukses.”

Teleskop Luar Angkasa James Webb diluncurkan pada Desember 2021 dan secara resmi mulai melakukan pengamatan ilmiah pada 12 Juli 2022. Teleskop ini sekarang menjadi teleskop optik terbesar di luar angkasa, dan menggunakan kemampuan pencitraannya yang belum pernah ada sebelumnya untuk menangkap gambar astronomi dan kosmik yang inovatif, termasuk snapshot dari atmosfer planet ekstrasurya serta bintang-bintang Dan galaksi pertama yang muncul di awal alam semesta.