POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hujan meteor Ursid 2021: Cara menonton acara selestial terakhir tahun ini

Wallheiser menghabiskan 20 Desember untuk menangkap bidikan bintang Natal dengan eksposur panjang, cahaya terang yang dibentuk oleh gabungan Jupiter dan Saturnus, menangkap bintang meteor Ursid di salah satu gambarnya.

Tahun ini, hujan meteor akan terjadi pada pagi hari tanggal 22 Desember, tetapi mereka dapat dilihat di langit kapan saja antara 17 Desember dan 26 Desember. Menurut EarthSky.

Hujan meteor Geminid yang lebih aktif di awal bulan sering kali dibayangi oleh Ursid, tetapi masih bisa dilihat.

Ini akan menjadi masalah sederhana karena cahaya bulan akan menyapu sebagian besar bintang jatuh, kata Bill Cook, kepala Kantor Lingkungan Meteorit NASA. Ini karena bulan sebagian besar masih akan terlihat setelahnya Bulan purnama pada 18 Desember.

Para pengamat bintang di selatan khatulistiwa yang berharap dapat melihat sekilas pancuran ini tidak seberuntung itu. Cook mengatakan Ursid hanya terlihat di belahan bumi utara.

Cook menyebut meteorit ini sebagai “Ursid Terkutuk” karena sering kali dibayangi oleh Natal, yang berarti sering kali kurang diperhatikan.

Katanya meteor itu berasal dari komet 8P/Tuttle. Cahaya mereka, atau di mana mereka tampaknya terobsesi duniawi untuk berasal dari langit, adalah Ursa Minor, Menurut NASA. Kebanyakan orang mengenal Ursa Minor sebagai Biduk Kecil.

Cook menjelaskan bahwa penonton biasanya dapat melihat sekitar lima meteor per jam, tetapi karena cahaya bulan yang cerah tahun ini, orang akan beruntung jika mereka melihat satu atau dua meteor per jam.

Terlepas dari rintangan itu, Walheiser mengatakan dia berencana untuk mengambil gambar Ursid tahun ini “karena itu jauh lebih baik daripada menonton TV.”

Fotografer lepas telah mengambil foto selama 45 tahun dan telah berburu gambar hujan meteor dan fenomena langit lainnya untuk sebagian besar waktu itu. Walheiser saat ini sedang memotret tempat tinggalnya di Shell Point, sebuah kota kecil di luar Tallahassee, Florida.

READ  Utah telah dimasukkan dalam wabah salmonella multi-negara bagian yang mencakup daging deli Italia

Bagaimana Anda melihat kamar mandi?

Baik Anda mengambil gambar mental atau fisik saat mandi, penting untuk mengikuti beberapa panduan untuk mendapatkan pengalaman menonton terbaik.

Pengamat bintang yang direkomendasikan Cook menemukan tempat gelap yang jauh dari lampu kota sehingga mata mereka dapat menyesuaikan diri dengan langit malam. Ini termasuk tidak melihat ponsel Anda, tambahnya.

Dia juga menyarankan pemirsa untuk berbaring telentang untuk mendapatkan pengalaman melihat bintang terbaik.

Galaksi yang jauh sedang sekarat sementara para astronom menonton

Bagi mereka yang ingin membawa pulang foto suvenir, Walheiser mengatakan tripod dan kamera dengan kemampuan long exposure adalah suatu keharusan. Dia menambahkan bahwa pengamat bintang juga harus memiliki lensa cepat, yang berarti f/2.8 atau lebih cepat.

Jika Anda menginginkan sesuatu dalam gambar Anda juga, kata Walheiser, itu harus memiliki pencahayaan yang sama dengan langit.

Kemudian semuanya bermuara pada kesabaran.