POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hujan meteor: Tandai kalender Anda untuk kalender terkuat untuk tahun 2022

Mendaftar untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita penemuan menakjubkan, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Kesempatan terbaik Anda untuk melihat hujan meteor terkuat tahun ini sedang dalam perjalanan minggu ini.

Meteor Gemini, yang dikenal karena meteornya yang cerah dan berwarna intens, telah melesat melintasi langit malam sejak akhir November, dan hujan meteor tersebut akan mencapai puncaknya pada malam tanggal 13 Desember hingga 14 Desember. Menurut American Meteorite Society.

“Jika Anda harus mendefinisikan[hujan meteor]sebagai yang terbaik tahun ini, tahun demi tahun, itu akan menjadi Geminid,” kata Robert Lunsford, koordinator laporan bola api komunitas. “Biasanya, dari daerah pinggiran kota, dalam kondisi yang baik, Anda mungkin bisa melihat 30 sampai 40 meteor (satu jam).”

Dengan langit cerah dan tidak ada cahaya terang di jalan, Geminid dapat muncul dengan kecepatan sekitar 120 meteor terlihat per jam, Menurut NASA. Namun, tidak ada jalan keluar dari suar besar di langit yang akan menghalangi sebagian besar meteor redup tahun ini: Bulan akan bersinar dengan kepenuhan 72%, Menurut American Meteorite Society.

“Hujannya masih bagus, meski Bulan tidak ada,” kata Bill Cook, Kepala Kantor Lingkungan Meteorit NASA. “Temukan langit yang cukup gelap, temukan sesuatu yang menutupi bulan, mungkin bangunan atau pohon, dan berpalinglah dari bulan di langit.”

Dengarkan dentuman keras yang diyakini para pejabat sebagai hantaman meteor

seperempat sampai dua

Sumber: CNN

Pertama kali diamati pada pertengahan abad ke-19, Pancuran awalnya hanya menyediakan 20 meteor yang terlihat per jam maks. Sejak itu, Gemini muncul kembali setiap tahun, dan jumlah mereka semakin kuat. Pada 1960-an, peristiwa besar itu telah melampaui batas Perseid Agustus, Satu kali hujan lebat dengan kecepatan 50 hingga 100 meteor per jam.

Tidak jelas bagaimana Geminid dapat berubah di masa mendatang, kata Cook, dengan beberapa model menunjukkan intensitas hujan akan meningkat dan yang lain memperkirakan penurunan bertahap selama beberapa dekade mendatang.

Geminid unik karena sumbernya adalah asteroid 3200 Phaethon, sementara sebagian besar hujan meteor lainnya lahir dari puing-puing es komet. Inilah mengapa semburan Geminid bisa sangat tidak terduga – karena tabrakan asteroid sulit untuk dimodelkan, kata Cook.

Asteroid 3200 Phaethon itu sendiri tidak biasa, Berperilaku seperti komet ketika mendekati matahari. Ia juga memiliki orbit yang selesai setiap 1,4 tahun atau lebih, dan lebih dekat ke Matahari daripada asteroid lainnya. Ketika 3200 Phaethon berada di dekat Bumi, asteroid melepaskan sisa-sisa debunya, sehingga layar Geminids.

Meteor di atas Texas

Meteorit menerangi langit malam melintasi Texas dan empat negara bagian lainnya

01:02

Sumber: CNN

Geminid aktif dari 19 November hingga 24 Desember, Menurut EarthSky, Tapi Lunsford mengatakan tarif per jam mereka tidak mulai mencapai dua digit hingga 10 Desember.

Merpati dikenal ramah keluarga dan Yang bagus untuk ditonton oleh pemirsa yang lebih muda di Amerika Utara Karena itu adalah satu-satunya hujan besar yang paling banyak menunjukkan aktivitas sebelum tengah malam. Lunsford mengatakan meteor tampaknya memancar dari konstelasi Gemini, yang akan muncul di langit sekitar pukul 10 malam EDT.

“Anda bisa mengamati saat radiasi berada pada puncaknya, yaitu antara pukul 01.00 dan 02.00 WIB dengan cahaya bulan, atau Anda bisa mencoba menonton di sore hari saat bulan masih berada di bawah cakrawala,” kata Lunsford. “Tarifnya cenderung agak mirip pada masa itu juga.”

Geminid akan dapat dilihat dari semua bagian dunia, tetapi untuk belahan bumi selatan, mereka paling baik dilihat pada tengah malam pukul 2 pagi waktu setempat, ketika radiasi harus berada pada titik tertinggi untuk dapat dilihat. Lunsford mengatakan lokasi pancaran akan rendah di cakrawala dan juga akan menyebabkan meteor muncul dengan kecepatan rendah.

Menurut data dari Kamera Meteorit NASA, Cook mengatakan hujan meteor Geminid adalah yang terbaik untuk menghasilkan bola api, meteor yang jauh lebih terang daripada Venus, kedua setelah Perseid. Meteorit Gemini terbesar dan paling terang sering dikatakan tampak hijau.

Moonlighting telah memengaruhi tampilan Gemini selama beberapa tahun terakhir, tetapi diharapkan demikian Bicara tentang bulan baru di tahun 2023, Ciptakan kondisi tampilan yang ideal.

“Ketika Anda melihat meteorit terbakar di atmosfer bumi, Anda melihat sesuatu yang sudah lama berada di luar angkasa,” kata Cook. “Dari perspektif ilmiah, dengan mempelajarinya, kita bisa belajar sesuatu tentang terbuat dari apa komet-komet itu. Bagi pengamat biasa, ini adalah (pertunjukan) kembang api yang bagus — hujan meteor adalah kembang api di alam.”

Hujan meteor tahunan besar berikutnya dan terakhir pada tahun 2022 adalah Ursid, yang mencapai puncaknya pada malam hari tanggal 22 Desember. Menurut EarthSky.

bola api u.  Louis

Lihat bola api yang paling terlihat dari Bumi

01:15

Sumber: CNN

READ  Penyebaran 'diam' polio di New York mendorong CDC untuk mengambil vaksin tambahan untuk beberapa orang