POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hujan meteor quad memulai Tahun Baru 2022

Kuarter biasanya termasuk yang terkuat dari hujan meteor tahun ini. Untungnya, fase bulan sabit yang cerah akan membuat bulan praktis tidak terlihat dalam semalam, memungkinkan visibilitas puncak meteor.

Namun, pancurannya sulit terlihat karena cuaca Januari yang keras dan puncaknya yang pendek hanya sekitar enam jam. Ini akan paling baik dilihat di Belahan Bumi Utara antara larut malam Minggu malam dan fajar pada hari Senin, menurut Masyarakat Meteor Amerika.
Sementara itu, Organisasi Meteor Internasional Puncaknya diperkirakan terjadi sekitar 20:40 UTC pada 3 Januari, yang akan terlihat paling jelas bagi mereka yang tinggal di Asia Timur. Menurut American Meteorological Society, mereka yang berada di tempat dengan garis lintang yang lebih tinggi di seluruh Eropa akan dapat melihat beberapa aktivitas meteorit.

Kuadranid biasanya tidak dapat dilihat di belahan bumi selatan karena titik pancaran pancuran tidak naik tinggi di langit sebelum fajar.

Memeriksa waktu dan tanggal Untuk melihat apa peluang Anda, atau pergi keluar dan lihat sendiri. itu Proyek Teleskop Virtual Ini juga akan memiliki siaran langsung dari mandi di atas Roma.

Biasanya antara 50 dan 100 meteor terlihat per jam, terutama di daerah pedesaan, meskipun puncaknya dapat mencakup hingga 120 meteor yang terlihat dalam satu jam. Perhatikan langit timur laut, dan lihat sekitar setengah jalan. Anda bahkan dapat melihat sekilas beberapa bola api selama hujan meteor. American Meteorological Society merekomendasikan untuk melihat langit setidaknya selama satu jam.

asal-usul yang tidak biasa

Jika nama hujan meteor terdengar aneh, mungkin sepertinya tidak terkait dengan rasi bintang, seperti hujan meteor lainnya. Itu karena konstelasi Quadrantid yang sama tidak ada lagi—setidaknya, bukan konstelasi yang dikenali.

Rasi bintang Quadrans Muralis, pertama kali diamati dan diamati pada tahun 1795 antara Boötes dan Draco, tidak lagi termasuk dalam daftar rasi modern Persatuan Astronomi Internasional karena dianggap kuno. Hujan meteor memancar di antara Biduk dan Sepatu Bot.

seperti Hujan meteor GeminidQuadrantid berasal dari asteroid misterius atau “komet berbatu”, bukan komet es, yang tidak biasa. Asteroid khusus ini adalah 2003 EH1, yang membutuhkan 5,52 tahun untuk menyelesaikan satu orbit mengelilingi Matahari.

Puncak pancuran pendek karena hanya aliran kecil partikel yang berinteraksi dengan atmosfer kita, dan arus terjadi pada sudut tegak lurus. Setiap tahun, Bumi melewati jalur puing-puing ini untuk waktu yang singkat.

READ  Gambar baru Mars dari Zhurong Rover China

cara menonton

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, Anda mungkin ingin berkendara ke tempat yang tidak dipenuhi lampu kota yang akan menghalangi penglihatan Anda. Jika Anda dapat menemukan daerah yang tidak terkena polusi cahaya, meteor dapat terlihat setiap dua menit dari sore hingga fajar.

Temukan area terbuka dengan pemandangan langit yang luas, dan jangan lupa untuk mengelompokkannya. Pastikan Anda memiliki kursi atau selimut agar Anda bisa terlihat lurus. Dan berikan mata Anda sekitar 20 hingga 30 menit untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan – tanpa melihat ponsel Anda – sehingga meteor lebih mudah dikenali.