POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hubungan China-ASEAN: Bekerja Sama untuk Komunitas yang Lebih Dekat dan Masa Depan Bersama – Sabtu, November 2021

Deng Shijun (Jakarta Post)

bagus sekali

Jakarta
Sabtu 20 November 2021

Hubungan dialog antara Cina dan ASEAN didirikan pada tahun 1991. 30 tahun terakhir, meskipun periode sejarah yang singkat, telah menjadi babak gemilang yang disorot oleh persahabatan dan kerja sama timbal balik.

Berkembang dari kemitraan dialog menjadi kemitraan strategis, China dan ASEAN berada di titik puncak untuk mengadopsi kemitraan strategis komprehensif yang sudah paling dinamis, objektif, dan berpengaruh di seluruh kawasan.

Selama tiga dekade terakhir, China dan ASEAN telah memperdalam rasa saling percaya strategis dan mempromosikan hubungan bertetangga yang baik. Para pemimpin kedua belah pihak mempertahankan kontak dekat melalui berbagai cara. Dalam beberapa tahun terakhir, Presiden China Xi Jinping telah mengunjungi sepuluh negara anggota ASEAN dan beberapa kali bertemu dengan para pemimpin negara-negara ASEAN, membimbing jalannya hubungan China-ASEAN.

Untuk membaca cerita selengkapnya

berlangganan sekarang

Mulai dari Rp 55.000/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • Surat kabar email harian digital
  • Tidak ada iklan, tidak ada interupsi
  • akses istimewa ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami

Atau biarkan Google mengelola langganan Anda

READ  Menkeu: Perdagangan Indonesia-Amerika Latin bergerak ke arah yang positif