POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hidupan liar: Babi kutil Sulawesi

Hidupan liar: Babi kutil Sulawesi

Wilbur, Porky, Peppa Pig – lintas budaya Dan dari generasi ke generasi, babi telah menginspirasi manusia mencapai tingkatan tertinggi dalam seni dan bercerita.

Ini dimulai lebih awal dari yang Anda kira. Para arkeolog baru-baru ini menemukan lukisan babi di sebuah gua di Sulawesi, Indonesia, berusia setidaknya 45.500 tahun, menjadikannya karya seni non-abstrak tertua yang pernah ditemukan.

Spesies dalam lukisan itu diperkirakan adalah babi kutil Sulawesi. Makhluk seukuran babi berperut buncit ini hidup di pegunungan pulau Sulawesi, dekat Kalimantan Timur. Seperti namanya, mereka memiliki tiga pasang kutil di hidung, kumis samping berwarna putih atau kuning, dan kumis lebat, Rutherford B. Akan membuat Hayes cemburu.

Kehidupan sehari-hari babi kutil Sulawesi juga menimbulkan rasa iri: mereka mencari makan secara berkelompok di pagi hari, berguling-guling di pemandian lumpur di sore hari, dan memakan buah-buahan yang jatuh untuk makan siang di malam hari. Para peneliti memperdebatkan bagaimana manusia berinteraksi dengan babi-babi ini puluhan ribu tahun yang lalu, dengan beberapa hipotesis bahwa mereka mungkin dijinakkan untuk dimakan atau bahkan sebagai hewan peliharaan.

Bagaimanapun, mereka adalah inspirasi. Pada bulan Desember 2017, arkeolog Indonesia Basran Burhan dan timnya memasuki sebuah gua yang belum pernah dijelajahi bernama Liang Tedongng di Sulawesi Selatan. Dicat dengan warna oker merah di dinding batu kapur adalah gambar dua babi yang sedang bertarung dilihat dari sisi ketiga. Penanggalan radiometrik menentukan bahwa deposit mineral dalam lukisan itu setidaknya berumur 45.500 tahun. Gambar babi serupa, hampir sama primitifnya, telah ditemukan menghiasi gua-gua lain di Sulawesi dan Indonesia – konsep awal yang menempatkan Eropa sebagai pusat penciptaan seni kuno.

READ  Presiden Djokovic mengangkat mandat topeng untuk kegiatan di luar ruangan

Sebagian besar fitur potret Porcine, hingga ke bagian kutilnya, bersifat realistis. Namun para seniman nampaknya mengambil kebebasan berkreasi: walaupun babi kutil Sulawesi relatif kecil dan ramping di dunia nyata, babi yang ada di lukisan jauh lebih besar. Penggemar seni kontemporer memperdebatkan apakah ini mewakili perburuan yang bagus, makna budaya babi, atau hal lain yang diimpikan para pelukis. Puluhan ribu tahun setelah babi berukuran besar itu pertama kali dilukis, keturunan penciptanya bingung memikirkan babi-babi tersebut, sementara keturunan inspirasi mereka habis.

  • Barang: Hutan hujan di Sulawesi tengah, timur, dan tenggara serta beberapa pulau di sekitarnya
  • Spesies Utama: Babi kutil Sulawesi (Sus celebensis)
  • Cara melihatnya: Babi kutil banyak ditemukan di hutan Sulawesi dan berkeliaran dalam kelompok kecil. Seni gua babi dapat ditemukan di Taman Prasejarah Liang-Liang dekat Taman Nasional Panthimurung Pulusarang.

Hidupan Liar: Panduan Penjelajah untuk Keajaiban Hidup di Dunia Merayakan ratusan hewan, tumbuhan, jamur, mikroba, dan banyak lagi yang menakjubkan, serta orang-orang di seluruh dunia yang telah mendedikasikan hidup mereka untuk memahaminya. Pesan di muka salinan Anda hari ini!